Jakarta (ANTARA News) - Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Mohammad Jafar Hafsah, menyatakan, anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI harus selalu mengaktualisasikan diri untuk meningkatkan kinerjanya maupun kinerja fraksi.

"Ada empat hal yang selalu saya ingatkan kepada anggota untuk meningkatkan kinerjanya," kata Muhammad Jafar Hafsah di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Jumat.

Jafar Hafsah menjelaskan, keempat hal tersebut meliputi, pertama, anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI harus menyadari posisinya sebagai anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat.

Kedua, selalu berusaha mengaktualisasikan diri untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan guna menjalankan fungsi-fungsi legsilatif seperti legislasi, anggaran dan pengawasan.

Ketiga, anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI agar dapat memberikan kontribusi, baik kualitas maupun kuantitas dalam seluruh aspek kegiatan sesuai dengan fungsi-fungsi legislatif.

"Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI harus bisa menjalankan tugas-tugasnya dengan baik," katanya.

Keempat, kata dia, anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI agar meningkatkan disiplin. "Bagi anggota yang tidak disiplin sebaiknya mengundurkan diri," katanya.

Jafar mengakui, implementasi dari empat hal tersebut belum dilaksanakan secara optimal dan masih perlu peningkatan.

Ketua DPR RI Marzuki Alie yang juga Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat mengkritik kinerja anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI yang dinilai disiplinnya masih rendah.

"Disiplin anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI masih memprihatinkan. Pimpinan DPR RI sudah memberikan sanksi dan `reward` yang jelas sesuai dengan aturan yang berlaku," kata Marzuki Alie.

Menurut dia, disiplin anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI dalam menghadiri dan mengikuti berbagai persidangan di DPR RI, masih jauh dari harapan.

"Secara kuantitatif, Fraksi Partai Demokrat DPR RI belum bisa menunjukkan eksistensinya secara optimal kepada masyarakat," katanya.

Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI, kata dia, hendaknya tetap bekerja secara optimal sesuai amanah yang diberikan.

"Sayangnya, disiplin kita masih rendah, termasuk kinerja anggota Fraksi Partai Demokrat di komisi-komisi," katanya.

Marzuki meminta anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI di setiap komisi masih belum menunjukkan "taring" sebagai kader partai pemenang pemilu. 

(T.R024/S023)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011