Jakarta (ANTARA) - Travis Scott mengumumkan rencana menyumbangkan 5 juta dolar AS (Rp71 miliar) setelah insiden konser Astroworld.

Travis Scott mengumumkan inisiatif komunitas setelah konser Astroworld yang menewaskan 10 orang. Inisiatif menyumbang 5 juta dolar AS itu juga termasuk untuk beasiswa, sumber daya kesehatan mental, dan keamanan acara, demikian laporan dari USA Today, Kamis.

Rencana itu terjadi beberapa hari setelah sidang hukum Astroworld pertama, yang mewakili ratusan korban dan tuntutan hukum. Empat bulan setelah tragedi Astroworld yang menewaskan 10 penonton konser, rapper Travis Scott mengumumkan prakarsa senilai 5 juta dolar AS yang dijuluki "Project HEAL".

Baca juga: Travis Scott akui tak sadar ada masalah di konser Astroworld

Sumbangan itu akan dialokasikan 1 juta dolar AS (Rp14 miliar) dalam beasiswa akademik untuk perguruan tinggi dan universitas kulit hitam, sumber daya kesehatan mental gratis, program pendidikan desain kreatif dan solusi berbasis teknologi baru untuk keselamatan acara.

“Selama beberapa bulan terakhir saya telah meluangkan waktu dan ruang untuk berduka, merenung dan melakukan bagian saya untuk menyembuhkan komunitas saya," tulisnya dalam sebuah unggahan Instagram.

"Yang paling penting, saya ingin menggunakan sumber daya dan platform saya untuk bergerak maju menuju perubahan yang dapat ditindaklanjuti. Ini akan menjadi perjalanan seumur hidup bagi saya dan keluarga saya,” pungkasnya.

Baca juga: Dior tunda koleksi Cactus Jack menyusul tragedi Astroworld

Baca juga: Forensik umumkan penyebab kematian korban Astroworld Travis Scott

Baca juga: Travis Scott dikeluarkan dari Festival Coachella 2022


Penerjemah: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022