Taman Nasional Meru Betiri jadi habitat elang jawa

... memprediksi, total populasi elang jawa di alam Indonesia tidak lebih dari 400 saja karena perburuan dan perdagangan satwa langka itu....
Jember, Jawa Timur (ANTARA News) - Kawasan Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) menjadi salah satu habitat elang jawa (Spizaetus bartelsii atau Nisaetus bartelsii), satwa langka dan dilindungi yang telah ditetapkan sebagai Burung Nasional pada 1993.

"Memang benar di beberapa lokasi TNMB terdapat elang jawa, namun kami belum mendapatkan data tentang jumlah populasi satwa langka itu," kata Koordinator Pengendali Ekosistem Hutan TNMB, Nur Rohma, Minggu, di Jember.

Data yang tercatat di TNMB menyebutkan jumlah jenis aves atau burung yang ada di dalam kawasan hutan konservasi tersebut sebanyak 193 jenis dan salah satu di antaranya adalah elang jawa.

"Petugas sering menjumpai elang hitam dan elang laut di kawasan Meru Betiri, namun beberapa kali petugas sempat melihat keberadaan elang jawa terbang melintas di sana," katanya menjelaskan.

Ciri sangat khas dari elang berbentang sayap sekitar 150 sentimeter dan panjang badan 70 sentimeter itu adalah dua bulu jambul di bagian belakang kepalanya. Dengan bulu dominan coklat gelap di sekujur tubuh dewasanya,  dia juga sering disebut sebagai ilham bagi kelahiran lambang negara, Garuda Pancasila.

Selain elang jawa, kata dia, hutan TNMB seluas 58.000 hektare juga dihuni sebanyak 25 jenis mamalia, enam jenis reptil, dan 10 jenis insekta.

Saat ditanya tentang keberadaan harimau jawa (Panthera tigris sondaica), Nur Rohma mengakui satwa langka tersebut diperkirakan masih ada, dengan bukti sejumlah cakaran dan kotoran yang ditemukan beberapa tahun lalu.

Sebelumnya Ketua ProFauna Indonesia, Rosek Nursahid, di Malang, mengatakan populasi elang jawa di Taman Hutan Raya R Soerjo menurun drastis yang dilaporkan hanya tinggal dua saja.

"Populasi elang jawa menurun akibat habitat hutan rusak karena penggunaan pestisida secara berlebihan. Hewan-hewan mangsanya mengandung pestisida itu," tuturnya. ProFauna memprediksi, total populasi elang jawa di alam Indonesia tidak lebih dari 400 saja karena perburuan dan perdagangan satwa langka itu.

ProFauna mencatat, selain di Tahura R Soerjo ada beberapa tempat lain di Jawa Timur yang juga menjadi habitat elang jawa, antara lain Pulau Sempu, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Taman Nasional Meru Betiri, Taman Nasional Alas Purwa, Lebakharjo, Pegunungan Hyang dan Kawah Ijen. (ANT-070)

Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Petugas sita tiga jenis satwa dilindungi dari warga Sekadau

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar