Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika meminta aparatur sipil negara yang menjabat sebagai pranata hubungan masyarakat sigap melakukan mitigasi isu ketika ada krisis komunikasi.

"Sudah saatnya humas pemerintah, khususnya pranata humas terlibat dalam pengambilan kebijakan atau program pemerintah sehingga memahami latar belakang dan lebih dulu memetakan atau mitigasi isu-isu yang berpotensi menjadi krisis komunikasi dalam implementasi kebijakan. Pranata humas tidak hanya sebagai pemadam kebakaran ketika permasalahan terjadi," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kominfo, Usman Kansong, dalam siaran pers, dikutip Jumat.

Pesan ini dia sampaikan ketika acara pelantikan pengurus Ikatan Pranata Humas Indonesia periode 2022-2024. Humas pemerintah tidak hanya bertugas menyebarkan informasi tentang program dan capaian pemerintah, tapi, juga mengedukasi publik agar sigap mengikuti dinamika.

Melalui edukasi, publik yang dilayani humas pemerintah bisa menerima informasi yang benar benar terkait kebijakan pemerintah. Implementasi kebijakan akhirnya bisa berjalan efektif.

"Kebijakan pemerintah tidak akan efektif tanpa penerimaan publik yang baik, sehingga kehadiran pranata humas sangat penting, karena merupakan bagian dari tanggung jawab humas pemerintah yang menjalankan fungsi komunikasi pada instansi pemerintahan," kata Usman.

Humas pemerintah juga harus bisa membangun kepercayaan publik dengan sosialisasi pesan positif pada kegiatan instansi masing-masing atau kesempatan lainnya.

Kepercayaan yang tinggi akan membuat masyarakat berpartisipasi aktif dalam menyukseskan pembangunan di berbagai bidang. Kepercayaan publik, dikatakan Usman, menjadi salah satu indikator kesuksesan pemerintah dalam melayani publik dan akan menjadi penanda keberhasilan suatu bangsa.

Ketua Umum Iprahumas periode 2022-2024 dijabat oleh Thoriq Ramadhani dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, sementara Wakil Ketua Umum oleh Dyah Rahmawati Sugianto dari Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Faz Nur Wulandari (Kementerian Kesehatan) dilantik sebagai Bendahara Umum Iprahumas 2022-2024 dan Lizatul Farhatiningsih dari Kementerian Perdagangan sebagai Sekretaris Umum.

Baca juga: Kominfo buka forum DEWG minggu depan

Baca juga: Kominfo harap Jakarta makin inklusif untuk jadi pusat ekonomi digital

Baca juga: ITB usulkan "living lab" untuk kembangkan Kota Pintar dalam G20

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022