Jakarta (ANTARA) - Perusahaan telekomunikasi digital Indosat Ooredoo Hutchison meluncurkan program pemberdayaan komunitas berkelanjutan di Mandalika, Nusa Tenggara Barat, ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal dan UMKM setempat melalui bantuan modal.

“Kami sangat bangga atas terpilihnya Mandalika sebagai salah satu tuan rumah perhelatan MotoGP Series 2022 yang bergengsi di kancah internasional," kata Director & Chief Regulatory Officer Indosat Ooredoo Hutchison Muhammad Buldansyah dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Bantuan modal yang ditujukan meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal dan UMKM adalah UCan (berkolaborasi dengan Bank QNB Indonesia) dan Bima Kredit (berkolaborasi dengan Maucash).

Dikatakan, kesiapan infrastruktur, termasuk jaringan komunikasi, dan masyarakat setempat perlu didukung penuh demi kesuksesan MotoGP 2022 yang tentunya akan menjadi kebanggaan bersama.

Sejalan dengan komitmen perusahaan untuk menghubungkan dan memberdayakan setiap orang Indonesia serta mendukung akselerasi transformasi digital Indonesia, pihaknya turut mengambil peran dalam pemberdayaan komunitas dan UMKM lokal yang berkelanjutan di Mandalika untuk memaksimalkan potensi usaha dan pariwisata setempat dengan bantuan dan pelatihan usaha dari UCan dan Bima Kredit.


Baca juga: Indosat Ooredoo Hutchison gandeng perbankan layani kredit UMKM


Program pemberdayaan komunitas yang berkelanjutan di Mandalika ini akan berlangsung selama 6 bulan ke depan, hingga September 2022, dengan menargetkan ratusan penerima manfaat.

Untuk Mendukung pemberdayaan dan aktivitas komunitas secara menyeluruh, perusahaan berupaya untuk melakukan peningkatan jaringan di kawasan Mandalika dengan mempersiapkan kapasitas layanan data hingga 1,5 Gbps serta melakukan optimalisasi pada sites setempat termasuk mengoperasikan Mobile BTS (MBTS) dengan multi-operator core network (MOCN) untuk pengalaman komunikasi terbaik di kawasan tersebut.


Baca juga: Total pendapatan Indosat Ooredoo 2021 naik 12,4 persen

Direktur Ekonomi Digital, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika I Nyoman Adhiarna, mengatakan mengapresiasi komitmen dan kesiapan perusahaan dalam mendukung kelancaran pergelaran MotoGP Series 2022 di kawasan Mandalika melalui penggelaran jaringan telekomunikasi.

"Kami berharap masyarakat dapat meningkatkan pemanfaatan jaringan telekomunikasi yang telah dibangun di kawasan ini dalam rangka pemulihan ekonomi usai COVID, mendukung kebangkitan usaha dan sektor pariwisata lokal, serta berkontribusi dalam mendukung perkembangan ekonomi digital Indonesia secara luas," katanya.

Baca juga: PT INKA gandeng Indosat wujudkan transportasi cerdas sambut G20
Baca juga: Kemenkop hadirkan pameran UMKM unggulan di ajang MotoGP 2022

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2022