Dubai (ANTARA) - Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA dan Kantor Berita WAM Uni Arab Emirat (UAE) menjajaki potensi kerja sama berupa pertukaran berbagai produk jurnalistik, distribusi berita, serta pelatihan dalam bidang media.

Potensi itu mengemuka dalam pertemuan antara kedua kantor berita di Dubai, UAE, pada Senin. LKBN ANTARA diwakili oleh Kepala Redaksi Video Monalisa dan WAM diwakili oleh Direktur Jenderal Mohamed Jalal Alrayssi.

Monalisa mengatakan ada berbagai bentuk kerja sama yang dapat dilakukan oleh kedua kantor berita, mengingat cakupan geografis ANTARA yang luas, dengan biro-biro yang tersebar di Tanah Air.

“Melalui kerja sama ini, WAM dapat memperoleh berita yang lebih bervariasi dari seluruh penjuru Nusantara,” ujarnya.

Menurut dia, kantor berita WAM telah menunjukkan keseriusan untuk menyajikan berita bagi para pembaca Indonesia melalui layanan berita berbahasa Indonesia yang terdapat di laman resminya.

Kerja sama pertukaran berita, kata Monalisa, dapat mendongkrak upaya tersebut.

Selain itu, dia meyakini bahwa berbagai kerja sama lain, seperti promosi budaya melalui pertukaran pameran fotografi, penguatan sumber daya manusia melalui pertukaran jurnalis untuk menjalani pelatihan, serta pertukaran data juga menjadi bentuk kerja sama yang dapat dilakukan.

Direktur Jenderal WAM Mohamed Jalal Alrayssik, sementara itu, meyakini bahwa kerja sama antara kedua kantor berita itu dapat didalami, terutama di sektor bisnis, industri, dan investasi, mengingat tingginya ketertarikan terhadap potensi di bidang-bidang tersebut di kalangan pelaku usaha masing-masing negara.

“Indonesia dan Uni Emirat Arab memiliki hubungan yang begitu erat dan ada banyak sektor yang berkembang dalam hubungan kedua negara,” kata Alrayssi saat dijumpai di Dubai. 

Selain itu, menurut dia, terdapat pula banyak kesempatan untuk lebih mengenalkan UAE kepada masyarakat Indonesia, maupun sebaliknya, melalui kerja sama tersebut mengingat kedua negara memiliki banyak kesamaan.

“Ini adalah awal yang bagus untuk menjalin komunikasi dengan satu sama lain dan menyambung sistem kita bersama untuk lebih banyak pertukaran dan distribusi berita,” ujarnya.
 

Baca juga: LKBN ANTARA jalin kerja sama pemberitaan dengan kantor berita Namibia

Baca juga: UNA-OIC, Sputnik teken kerja sama penguatan kantor berita


 

Restoran Paviliun Indonesia jadi favorit di Dubai Expo

 

Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022