Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Tangerang Utara membentuk koalisi bernama jaringan pemenangan Ratu Atut dan Rano Karno (Japra) sebagai upaya memenangkan duet Atut-Rano dalam Pilkada Banten 2011.

"Secara resmi kami sudah mendeklarasikan Japra pada Sabtu (17/9) dan dihadiri oleh sekitar 100 orang dari seluruh pemangku kepentingan LSM di Tangerang Utara," kata juru bicara Japra, Niwan Rosidin kepada wartawan di Jakarta, Selasa.

Kalangan LSM yang tergabung dalam Koalisi Japra itu antara lain Forbes (Forum Tangerang Utara bersatu), Formasi (Forum Masyarakat Pesisir), Komunike Tangerang Utara dan Gerbang (Gerakan Bela Tangerang).

Menurut Niwan, Banten ke depan membutuhkan perubahan yang berkelanjutan, bukan perubahan yang masih berupa wacana dan sekarang, Gubernur Atut sudah menunjukkan kinerja positif memajukan pembangunan di Banten, salah satunya pembangunan di Tangerang.

Provinsi Banten yang tahun ini akan menginjak usia 11 tahun, tengah berada pada era pertumbuhan yang luar biasa di segala sektor. Mulai dari pertumbuhan penduduk, pertanian dan peternakan, pendidikan, pariwisata, infrastruktur dan lain sebagainya.

"Banten telah banyak mencapai kemajuan di berbagai bidang pembangunan dan mendapat pengakuan secara nasional dengan diterimanya sederet penghargaan dari Presiden dan pemerintah pusat. Artinya, dibandingkan lima tahun lalu, perubahan yang terjadi sangat signifikan," ujar Niwan.

Dalam bidang infrastruktur jalan misalnya, tambah Niwan, Banten sudah mengalami perubahan yang nyata pada sebagian besar jalan-jalan utama di wilayah Banten.

Di sektor pertanian, Banten kini menjadi salah satu lumbung padi nasional karena berhasil meningkatkan produksinya, bahkan meraih surplus.

Di bidang laju pertumbuhan penduduk, Banten juga mampu mengendalikan melalui pelaksanaan program Keluarga Berencana yang telah dinilai berhasil secara nasional.

Sementara investasi di Banten juga meningkat signifikan, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran.

"Masih banyak keberhasilan yang bisa dicatat dari kepemimpinan Ratu Atut Chosiyah sebagai gubernur Banten perlu terus diberikan dukungan agar roda pembangunan di Banten dapat berjalan secara berkesinambungan," ujarnya.

Apresiasi senada juga di sampaikan jaringan LSM Forum Tangerang Utara Bersatu (FORBES).

Menurut Aktivis FORBES, Edy Sofyan, upaya Atut mengembangkan SDM berkualitas sejak dini mendapat dukungan dan apresiasi dari masyarakat.

Upaya yang diwujudkan lewat pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan peningkatan Posyandu di Kabupaten Tangerang, menurut dia, sangat dirasakan dampaknya oleh masyarakat.

Dikatakannya bahwa pihaknya optimis jika program tersebut dilanjutkan, maka Banten akan lebih maju dan berkualitas.
(T.D011/R007)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011