Parade ini adalah bentuk penghormatan dan penghargaan para pembalap dunia kepada Presiden Joko Widodo dan juga seluruh rakyat Indonesia ...
Jakarta (ANTARA) - Aktivitas parade MotoGP  di Jakarta, Rabu, merupakan rangkaian awal ajang balapan sepeda motor Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 yang akan diselenggarakan di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada 18-20 Maret.
 
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri BUMN Erick Thohir dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati melepas 20 pebalap MotoGP menyusuri jalanan Ibu Kota.
 
"Parade ini adalah bentuk penghormatan dan penghargaan para pembalap dunia kepada Presiden Joko Widodo dan juga seluruh rakyat Indonesia yang diikuti oleh 20 riders," kata Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman dalam keterangan di Jakarta.

Baca juga: Ketua Komisi X DPR: Indonesia pasar luar biasa bagi penggemar MotoGP
 
Beberapa pengendara yang ikut parade tersebut, di antaranya Marc Marques dan Pol Espargaro, pembalap Pertamina Mandalika SAG Team, Bo Bendsneyder dan Gabriel Rodrigo, serta pembalap Indonesia Veda Ega Pratama.

Chief Executive Officer Dorna Sport Carlos Ezpelata menyampaikan apresiasinya terhadap masyarakat Indonesia, terlebih lagi terhadap penerimaan MotoGP di Istana Negara secara langsung oleh Presiden Joko Widodo.
 
"Presiden Joko Widodo adalah penggemar berat MotoGP dan beliau berkali-kali berkeliling sirkuit dengan sepeda motornya.

Jadi, saya pikir itu adalah kebahagiaan besar bagi Presiden dan para pembalap serta suatu kehormatan yang luar biasa. Kami sangat berterima kasih kepada negara Indonesia," kata Carlos.
 
Carlos mengucapkan terima kasih kepada Pertamina sebagai sponsor MotoGP di Indonesia dan upaya banyak pihak termasuk Presiden Joko Widodo serta Menteri BUMN Erick Thohir, sehingga MotoGP dapat kembali hadir di Indonesia.
 
"Saya pikir semua warga Indonesia adalah tuan rumah MotoGP setelah sekian lama. Acara ini adalah cara terbaik untuk membuat semua orang sadar bahwa MotoGP telah kembali ke Indonesia" ucap Carlos.

Baca juga: Pertamina prediksi konsumsi avtur dan BBM naik saat MotoGP digelar
 
Terkait kehadiran Pertamina pada MotoGP 2022 di Indonesia ini, Fajriyah menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan upaya Pertamina dalam mendukung nation branding yang dapat memberikan kebanggaan tidak hanya untuk Pertamina, tapi juga untuk seluruh masyarakat Indonesia karena setelah 25 tahun akhirnya MotoGP kembali diselenggarakan di Indonesia.
 
Menurutnya, ajang ini menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia merupakan negara dengan resilience yang tangguh.
 
"Kita bisa segera bangkit dari pandemi dan event Motorsport yang berskala internasional di Mandalika ini adalah buktinya. Ini merupakan suatu kesempatan bagi produk-produk Pertamina serta UMKM sekitar Mandalika untuk go global dan mendapatkan international exposure," pungkas Fajriyah.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022