Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah unggahan foto yang menampilkan binatang melata pada potongan bagian batang sayuran kangkung muncul di media sosial pada 9 Maret 2022.

Unggahan foto itu disertai narasi yang mengklaim bintang melata kecil pada bagian dalam batang kangkung itu adalah lintah.

Akun Facebook Muslimah Cakep yang mengunggah foto sayuran kangkung itu menyebut seorang pemuda asal Solo bahkan meninggal dunia akibat memakan kangkung yang terdapat lintah.

Berikut kutipan narasi dalam unggahan yang telah disukai 448 pengguna lain Facebook, dikomentari 53 akun lain dan dibagikan ulang 241 kali itu:

"KANGKUNG YANG MEMATIKAN
HATI2 MEMASAK KANGKUNG”
Diharuskan bila Anda memasak Kangkung, harap belah Batangnya !!
Di Klinik yg terkenal di Yogya, semua Dokter kebingungan karena ada seorang Pemuda asal SOLO bernama Rifai yang menderita sakit Perut. Pemuda itu dbawa ke Klinik oleh Ortunya setelah 2 hari menderita DIARE. Sudah bermacam Obat sakit perut yg diberikan kepada Pemuda itu, namun DIARE tidak kunjung sembuh.
Kemudian Ortu pemuda tersebut ditanya oleh Dokter, “Makanan apa yg di makan oleh pemuda tsb selama 2 hari ini?” Ortu anak itu kebingungan, krn sejak anaknya DIARE, pemuda tsb tak mau makan, dia hanya minum susu putih, itu pun muntah.
Setelah diperiksa, ternyata sebelum menderita DIARE, Pemuda itu makan Kangkung Tumis di Restoran bersama Ortunya. Dokter segera melakukan Rongent, ternyata dlm Usus Rifai telah berkembang Biak LINTAH dgn Anaknya yg Kecil2.
Dokter menyerah dan Menyatakan tdk sanggup mengambil tindakan Medis apapun. Akhirnya pemuda malang itu pun MENINGGAL DUNIA. Setelah diteliti, ternyata Lintah berada di Dlm Batang Kangkung yg Besar.
Memang, utk penggemar Kangkung Tumis yg paling enak adalah BATANGNYA."


Namun, apakah benar terdapat pria asal solo yang meninggal dunia akibat memakan kangkung berisi lintah?
 
Unggahan hoaks yang menyebut pria asal Solo meninggal akibat tidak sengaja makan kangkung yang terdapat lintah di dalamnya. (Facebook)


PENJELASAN:
Klaim yang menyebut seorang pria asal Solo meninggal dunia akibat memakan kangkung berisi lintah merupakan hoaks yang sebelumnya beredar sejak 2015.

ANTARA tidak menemukan laporan resmi yang menyebut pria asal Solo meninggal akibat lintah terdapat dalam pencernaannya.

Dokter Ulfi Umroni, seperti dilanisr Alodokter, menyebut lintah yang masuk ke makanan dan tertelan akan tercerna di rongga mulut dan masuk ke pencernaan.

"Saat setelah dikunyah atau dicerna di rongga mulut, kemungkinan lintah itu sudah mati. Bilapun belum mati, lintah akan masuk ke lambung dan lambung akan meningkatkan asam lambung untuk membunuh lintah itu," demikian tulis dokter Ulfi menjawab pertanyaan terkait lintah yang masuk ke makanan dan tertelan ke perut.

Namun, Lutfi menyarankan seseorang yang merasa mungkin menelan parasit atau benda lain dalam makanan yang dikonsumsi dan menyebabkan sakit perut untuk periksa dan berkonsultasi dengan dokter.

Klaim: Pria asal Solo meninggal dunia akibat memakan kangkung berisi lintah
Rating: Hoaks/salah

Cek fakta: HOAKS! Sapi bertelur dari pemerintah China

Baca juga: Sentra Sayur "Trasa Balong" Cipinang panen 20 kilogram kangkung

Baca juga: Ratusan orang minta digigit lintah

Pewarta: Tim JACX
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2022