Jakarta (ANTARA) -
Universitas Pertahanan menggelar Sidang Senat Terbuka Wisuda Pascasarjana Program Magister (S2) dan Doktor (S3) untuk 428 mahasiswa serta Dies Natalis ke-13 dalam suatu prosesi akademik yang dipimpin oleh Rektor Universitas Pertahanan, Laksamana Madya TNI Prof Dr Ir Amarulla Octavian, di Kampus Universitas Pertahanan, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu.
 
Siaran pers yang diterima, di Jakarta, menyebutkan, 428 wisudawan-wisudawati ini terdiri dari 416 lulusan S2 dan 12 lulusan S3. Dari total jumlah itu, terdapat 136 perwira TNI AD, 61 perwira TNI AL, 81 perwira TNI AU, 13 perwira Polri, 28 PNS, dan 108 dari umum serta seorang lulusan dari Myanmar.

Baca juga: Rektor Unhan dorong sinergi pentahelix perkuat pertahanan negara
 
Pada wisuda pascasarjana Unhan kali ini, tampil sebagai lulusan S2 terbaik adalah Athaariq Rizki dari Prodi Peperangan Asimetris dengan IPK 3,99, dan lulusan S3 terbaik adalah Dr Richardus Eko Indrajit dengan IPK 3,98.
 
Wisuda itu dihadiri Wakil Menteri Pertahanan, Letnan Jenderal TNI M Herindra, yang mewakili menteri pertahanan untuk menyampaikan sambutan. Setelah sambutan itu, dilanjutkan dengan orasi ilmiah oleh guru besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Prof Dr Ir Budi Susilo Soepandji, dengan judul "Peran Strategis Bidang Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dalam Pembangunan SDM Pertahanan Negara".

Baca juga: Rektor Unhan dorong penguatan teknologi pertahanan di era Industri 4.0
 
Hadir pula Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan, Letnan Jenderal TNI Ida Bagus Purwalaksana, Kepala Badan SAR Nasional, Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi, dosen Universitas Pertahanan yang juga pengamat militer, Dr Susaningtyas Kertopati, para pejabat Kementerian Pertahanan, Markas Besar TNI, markas besar matra-matra TNI, Markas Besar Kepolisian Indonesia, Sekolas Staf dan Komando TNI TNI, ketiga Sesko Angkatan, dan Lemdiklat Polri.
 
Wisuda dimeriahkan dengan drumband mahasiswa S1 dan acara tradisi bersama para dosen dan tenaga kependidikan Universitas Pertahanan sekaligus penerimaan para lulusan ke dalam Ikatan Alumni Universitas Pertahanan.

Baca juga: Perpusnas minta perguruan tinggi kembangkan SDM melalui literasi

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022