Kendari (ANTARA News) - Tuan rumah penyelenggara pameran Teknologi Tepat Guna (TTG), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), mengagendakan kegiatan wisata teknologi bagi peserta pameran sebagai ajang promosi.

Kepala Badan pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Sultra Askabul Kijo mengatakan dua produk tekonologi yang akan dikunjungi peserta adalah penggunaan biogas di Kecamatan Landono dan kerajinan khas daerah kain tenun serta kerajinan perak.

"Penggunaan biogas untuk kebutuhan rumah tangga dianggap penting untuk diperkenalkan kepada peserta TTG karena efektif sebagai bahan bakar alternatif disaat terus meningkatnya harga bahan bakar minyak dan elpiji," kata Askabul.

Rumah tangga pengguna biogas tidak kesulitan bahan baku karena memanfaatkan kotoran binatang. Teknologi ini makin diminati warga setempat.

Sedangkan kerajinan khas daerah berupa kain tenun dan kerajinan perak selalu mencari buruan tamu yang berkunjung di daerah ini.

Pameran TTG yang direncanakan diresmikan Presiden RI pada 12-16 Oktober 2011 diperkirakan dihadiri sekitar 3.000 utusan provinsi se-Indonesia serta 13 kementerian terkait.

Gelar teknologi tepat guna yang dirangkaikan dengan Sail Wakatobi-Belitung 2012 itu dijadwalkan berlangsung di Kendari mulai 12 Oktober 2012.

Dua kegiatan berskala nasional dan internasional tersebut, menurut rencana akan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan dihadiri sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II. (S032)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011