Sumatera Selatan (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan mengirimkan bantuan logistik untuk korban bencana alam tanah longsor di Kampung I Desa Pulau Panggung, Kecamatan Semende Darat Laut, Kabupaten Muara Enim.

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan BPBD Sumatera Selatan Ansori di Palembang, Kamis mengatakan, sedikitnya ada 15 paket sembako dan enam paket alat perlengkapan keluarga dari Dinas Sosial yang dikirimkan oleh BPBD Provinsi.

Paket bantuan sembako tersebut diantaranya berupa 75 buah makanan instan, 60 buah makanan kaleng, 30 kilogram gula pasir, 15 kilogram minyak goreng, 15 kilogram gandum dan perlengkapan keluarga berupa matras karet.

“Bantuan disalurkan ke sana hari ini oleh petugas kami, selain bantuan provinsi ini, pemerintah setempat di sana tentu juga menyalurkan bantuan kepada warganya yang terdampak longsor,” kata dia.

Baca juga: 495 rumah warga di Baturaja Sumsel diterjang banjir

Baca juga: Ratusan rumah warga di kabupaten OKU Sumsel terendam banjir


Menurut Ansori, tanah longsor di Kampung I Desa Pulau Panggung itu terjadi pada Selasa (15/3) sore sekitar pukul 15.30 WIB, yang disebabkan oleh hujan dengan intensitas yang deras sejak Selasa (15/3) pagi.

Lebih lanjut dikatakannya berdasarkan rekap data dari personel BPBD setempat tercatat sebanyak tiga unit rumah ditemukan rusak tertimpa runtuhan material tanah longsor dan setidaknya ada empat kepala keluarga yang paling terdampak.

“Tapi tidak ada korban jiwa/luka-luka," kata dia.

Kemudian, lanjutnya, kondisi saat ini material longsor-nya sudah dibersihkan oleh warga yang dibantu personel gabungan BPBD Kabupaten, Satpol-PP dan perangkat Desa Pulau Panggung.

"Personel gabungan masih bersiaga di sana untuk memitigasi bencana susulan,” tambahnya.

Baca juga: BPBD OKU Sumsel bentuk posko induk penanggulangan bencana alam

Baca juga: BPBD 17 kabupaten/kota di Sumsel diminta tetapkan status siaga bencana

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022