Semarang (ANTARA News) - Kejuaraan renang Asia yang semula dijadwalkan digelar di Palembang, Sumatera Selatan, akhirnya dipindahkan ke Jakarta karena pembangunan venue renang belum selesai.

Pelatih Kepala Pelatnas Renang SEA Games, Hartadi Nurjojo, Senin, mengatakan seharusnya kejuaraan ini adalah ajang uji coba venue untuk SEA Games XXVI 2011 tetapi karena belum selesai akhirnya dipindah ke Jakarta.

Menurut dia, pada ajang Asian Swimming Federation (ASF) itu, selain mempertandingkan renang, juga memainkan renang indah, polo air, dan loncat indah.

"Kalau untuk renangnya sendiri digelar 10-14 Oktober 2011," katanya.

Dia menjamin pemindahakn ini tidak mempengaruhi kesiapan venue renang di Palembang untuk SEA Games.

"Saya kira tidak akan berpengaruh kita main di kolam manapun, tetapi setidaknya kalau digelar di Palembang kita bisa mencoba venue untuk SEA Games yang juga digelar di Palembang (untuk renang)," katanya.

Pada SEA Games XXVI di Sumatera Selatan dan DKI Jakarta, 11-22 November mendatang, Indonesia menargetkan enam medali emas dari renang.

Tiga emas di antaranya diharapkan dari perenang Jawa Barat, Glenn Victor pada nomor 100 dan 200 meter gaya kupu, serta 4X100 meter gaya ganti perorangan putra bersama Indra Gunawan, Guntur Pratama Putra, Nicko Biondi, Siman Sudartawa, dan Triadi Fauzi.

Tiga lainnya pada nomor 100 meter dan 200 meter gaya punggung dari Gede Siman Sduartawa, dan 50 meter gaya dada dari Indra Gunawan atau Nicko Biondi.

Pada SEA Games XXV 2009 Laos, Indonesia berhasil meraih dua medali emas dari nomor 100 meter gaya punggung dan 4X100 meter gaya ganti perorangan putra.(*)

H015/M028

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011