Jakarta (ANTARA) - Pada Minggu (20/1) Gunung Merapi beberapa kali meluncurkan awan panas guguran, warga Indonesia yang sudah mendapat vaksinasi COVID-19 lengkap mencapai 154 juta lebih, dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan rencana pengamatan hilal untuk menentukan awal bulan Ramadhan.

Selain itu ada warta mengenai presidensi Indonesia dalam G20​​​​​​​ dan rencana pemerintah mengurangi emisi gas rumah kaca dari sektor kehutanan yang bisa disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

Merapi luncurkan awan panas guguran sejauh 3,5 km ke hulu Kali Gendol
Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah beberapa kali meluncurkan awan panas guguran hingga sejauh 3,5 km ke arah tenggara atau ke arah hulu Kali Gendol pada Minggu.

Penerima vaksin lengkap capai 154,26 juta jiwa penduduk Indonesia
Satuan Tugas Penanganan COVID-19 melaporkan warga Indonesia yang telah mendapat suntikan dua dosis vaksin COVID-19 mencapai 154,26 juta hingga Minggu pukul 12.00 WIB. Jumlah warga yang mendapat vaksinasi lengkap tercatat bertambah 617.951 menjadi 154.267.349 orang.

BMKG akan melakukan pengamatan hilal pada 1 April 2022

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan melaksanakan pengamatan hilal untuk menentukan awal bulan Ramadhan 1443 H (2022 M) pada 1 April 2022. BMKG menyebar 34 tim pengamatan hilal di wilayah Indonesia. 

G20 ajak pekerja muda tingkatkan keterampilan dan daya saing

Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah menekankan bahwa Presidensi Indonesia dalam G20 mengajak para pekerja muda untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing setelah mengalami keterpurukan akibat pandemi COVID-19. 

AS dukung rencana penyerapan karbon Indonesia

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyambut baik dukungan Amerika Serikat (AS) terhadap rencana Pemerintah Indonesia menerapkan strategi peningkatan penyerapan karbon di sektor kehutanan dan penggunaan lahan lain. Ia mengatakan bahwa Indonesia sudah berhasil menurunkan laju deforestasi.
 
 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022