Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Selasa (22/3), mulai dari Pemerintah buka kemungkinan vaksin booster jadi syarat mudik, hingga simulasi pemungutan suara oleh KPU siapkan Pemilu 2024.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.

Pemerintah buka kemungkinan vaksin booster jadi syarat mudik

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut pemerintah membuka kemungkinan vaksinasi dosis ketiga (booster) COVID-19 menjadi syarat bagi masyarakat untuk melakukan mudik pada musim libur Lebaran 2022.

"Nanti booster itu kita ingin jadikan sebagai syarat kalau nanti orang mau mudik," kata Wapres Ma'ruf Amin di Bandung, Selasa (22/3).

Selengkapnya baca di sini.


Indonesia terus membaik, tidak ada lagi wilayah dengan PPKM level 4

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada Selasa 22 Maret 2022 mengeluarkan Instruksi terkait perpanjangan PPKM wilayah Jawa dan Bali melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2022.

Hal tersebut sebagai bentuk evaluasi PPKM mingguan yang rutin dilakukan. Sebelumnya PPKM Jawa dan Bali diatur melalui Inmendagri Nomor 16 Tahun 2022 yang berakhir pada 21 Maret 2022.

Selengkapnya baca di sini.


Delegasi Indonesia minta resolusi Rusia-Ukraina sertakan peran IPU

Delegasi Indonesia yang diwakili oleh Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon meminta kepada anggota Inter-Parliamentary Union (IPU) agar draf resolusi konflik Rusia dan Ukraina yang nantinya disepakati dalam sidang majelis tetap menyertakan konteks berdirinya IPU.

Menurut Fadli, itu penting karena itu akan menjaga IPU tidak jadi bagian dalam konflik, tetapi sebagai jembatan yang membuka adanya dialog antarpihak yang berseteru.

Selengkapnya baca di sini.


Presiden: IKN Nusantara motor inovasi akselerasi pembangunan ekonomi

Presiden Joko Widodo meyakini Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan menjadi motor inovasi bagi akselerasi pembangunan ekonomi masa depan, demikian saat ia menyampaikan sambutan kunci dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2022.

Presiden mengatakan bahwa IKN Nusantara adalah pekerjaan besar yang dimulai pada tahun 2022 dan pengembangannya akan menjadi salah satu motor penggerak pertumbuhan perekonomian di Indonesia, terutama bagi kawasan Indonesia bagian timur.

Selengkapnya baca di sini.


KPU: Simulasi pemungutan suara bentuk keseriusan siapkan Pemilu 2024

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Ilham Saputra mengatakan penyelenggaraan simulasi pemungutan suara dengan desain surat suara disederhanakan merupakan bentuk keseriusan pihaknya dalam mempersiapkan serta melanjutkan tahapan Pemilu 2024.

"Ini adalah bentuk keseriusan KPU periode 2017-2022 untuk mempersiapkan dan melanjutkan tahapan Pemilu 2024. Jadi, tidak ada lagi pertanyaan 'bagaimana soal penundaan pemilu?'. KPU bekerja sesuai dengan konstitusi dan peraturan perundang-undangan," ujar Ilham Saputra, saat membuka Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara dengan Desain Surat Suara dan Formulir yang Disederhanakan untuk Pemilu Tahun 2024, di halaman Gedung KPU RI, Jakarta, Selasa (22/3).

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022