Jakarta (ANTARA) - Konflik geopolitik yang terjadi antara Rusia dengan Ukraina terus mengangkat harga minyak mentah dunia menjadi salah satu berita yang banyak dibaca pada kanal ekonomi Antaranews.com pada Selasa (22/3).

Sementara itu, berita dari dalam negeri terkait pemerintah yang menerbitkan aturan untuk mewajibkan industri minyak goreng menjaga suplai minyak goreng UMKM. Dalam regulasi itu, harga eceran tertinggi minyak goreng curah sebesar Rp14.000 per liter atau Rp15.500 per kilogram.

Berikut berita-berita ekonomi terpopuler selengkapnya:


Harga minyak mentah naik

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Mei terangkat 7,69 dolar AS atau 7,12 persen, menjadi menetap di 115,62 dolar AS per barel. Sementara itu, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman April bertambah 7,42 dolar AS atau 7,09 persen, menjadi ditutup di 112,12 dolar AS per barel.

Baca selengkapnya di sini.


Minyak goreng untuk UMKM

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mewajibkan industri minyak goreng untuk menjaga pasokan bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan mengeluarkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 8 Tahun 2022. Regulasi itu menetapkan harga eceran tertinggi minyak goreng curah di tingkat masyarakat per konsumen akhir sebesar Rp14.000 per liter atau Rp15.500 per kilogram.

Baca selengkapnya di sini.


Ekonomi digital Indonesia berpotensi tumbuh delapan kali lebih cepat

Menteri BUMN Erick Thohir memperkirakan potensi ekonomi digital Indonesia akan tumbuh delapan kali lebih cepat dibandingkan pertumbuhan domestik bruto. Indonesia diproyeksikan akan memiliki ekonomi digital dengan kontribusi mencapai Rp4.531 triliun. Hal ini tentunya merupakan potensi yang harus sangat diperhatikan selain potensi sumber daya alam.

Baca selengkapnya di sini.


Pemerintah berutang demi rakyat

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan utang yang dilakukan pemerintah merupakan langkah untuk menyelamatkan dan menyejahterakan masyarakat di tengah krisis pandemi COVID-19.

“Walaupun kita defisit, drop, kita masih bisa berutang tapi itu untuk menyelamatkan masyarakat, ekonomi dan sosial,” ujarnya.

Baca selengkapnya di sini.


Menggalakkan akses KUR di kalangan petani Aceh

Pada 2021, Bank Syariah Indonesia berhasil menyalurkan akses KUR sebesar Rp1,6 triliun dari target Rp1,4 triliun. Dari total serapan KUR tersebut, Rp413,48 miliar, di antaranya untuk sektor pertanian.

Pemerintah Aceh menargetkan penyaluran KUR sebanyak Rp2,4 triliun pada 2022. Oleh karena itu, petani Aceh dapat memanfaatkan secara maksimal akses permodalan utama tersebut guna mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022