Jakarta (ANTARA News) - DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang dimpin ketua umumnya Ahmad Doli Kurnia melakukan audiensi ke Kantor Kementerian Perekonomian yang diterima Menko Perkonimian Hatta Rajasa, di Jakarta, Kamis.

Terkait Hatta Rajasa dalam konteks sebagai Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Ahmad Doli Kurnia dalam sambutan mengharapkan PAN dapat menjadi garda terdepan untuk mencegah upaya deparpolisasi yang semakin eskalatif belakangan ini.

Selain itu, PAN mempunyai tanggung jawab terbesar sebagai partai yang kelahirannya seiring dengan gagasan reformasi.

"Partai ini bisa disebut sebagai icon-nya reformasi. Jadi kalau terjadi kegagalan reformasi, maka PAN adalah partai yang paling bertanggung jawab. Jadi kami sebagai kekuatan anak muda yang tetap ingin menuntaskan agenda reformasi mendorong agar PAN menjadi garda terdepan untuk itu," kata Doli.

Terkait dengan posisi "Pak Hatta" sebagai Menko Perekonomian, DPP KNPI mengharapkan, kementerian dapat mendorong percepatan pengentasan kemiskinan dan peningkatan kualitas ekonomi masyarakat terutama pemuda.

"KNPI siap menjadi fasilitator berbagai program pemberdayaan ekonomi masyarakat khususnya pemuda," ujar Doli.

Sementara itu, dalam sambutannya Hatta Rajasa memberi apresiasi yang tinggi terhadap keberadaan KNPI yang telah memberikan kontribusinya selama ini kepada bangsa dan negara.

Lebih lanjut Hatta juga mendukung gerakan safari ke pimpinan parpol yang dilakukan DPP KNPI dalam upaya memperkuat posisi partai sebagai pilar utama demokrasi.

"Upaya deparpolisasi itu harus dicegah, termasuk melakukan koreksi terhadap langkah-langkah politik buruk di dalam internal partai," katanya.

Terkait dengan program pemberdayaan ekonomi pemuda, Hatta menyatakan komitmennya untuk mendukung penuh berbagai gagasan dan program yang terkait dengan misi itu. "Insyaallah saya support dan saya hadir memberikan Orasi pada acara pada 6-7 Oktober mendatang," demikian Hatta Rajasa.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011