Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita Rabu (23/3/2022), yang menarik untuk disimak, mulai dari klarifikasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengenai permintaan untuk menghentikan acara TV yang diisi oleh Ayu Ting Ting hingga Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim meluncurkan Merdeka Belajar episode ke-18, yakni Merdeka Berbudaya dengan Dana Indonesiana. Berikut berita-berita tersebut :

1. Mensos pastikan tidak ada korupsi dalam upaya percepatan ekonomi Papua

Menteri Sosial Tri Rismaharini memastikan tak ada korupsi dalam upaya percepatan akses ekonomi dan pendidikan di Papua yang dilakukan Kementerian Sosial.

"Sekali lagi memang saya harus cepat karena percepatan itu menurut saya pokoknya yang paling penting adalah kami tidak melakukan korupsi, kami tidak melakukan salah administrasi, itu yang paling penting bagi kita," ujar Mensos Risma saat ditemui di GKI Tanah Papua Jayapura, Papua, Selasa (22/3) malam.

Baca juga: Mensos pastikan tidak ada korupsi dalam upaya percepatan ekonomi Papua

2. MUI klarifikasi informasi soal acara TV yang diisi Ayu Ting Ting

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengklarifikasi informasi yang beredar di media sosial dan media massa mengenai permintaan untuk menghentikan acara TV yang diisi oleh Ayu Ting Ting.

Pengurus Komisi Informasi dan Komunikasi MUI Elvi Hudhriyah mengatakan bahwa dia tidak menyampaikan keterangan mengenai pelarangan Ayu Ting Ting tampil di acara TV dan tidak mengajukan permohonan ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk menghentikan acara TV yang diisi oleh Ayu Ting Ting.

Baca juga: MUI klarifikasi informasi soal acara TV yang diisi Ayu Ting Ting

3. Presiden: Dokter Indonesia harus adaptif terhadap teknologi baru

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para dokter di Indonesia adaptif terhadap perkembangan teknologi terbaru dalam menghadapi transformasi kesehatan, sehingga memiliki daya saing yang kuat.

“Transformasi kesehatan tidak dapat ditunda. Para dokter Indonesia harus adaptif terhadap teknologi terbaru,” kata Presiden dalam pembukaan Muktamar ke-31 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) ke-22 secara virtual yang diikuti di Banda Aceh, Rabu.

Baca juga: Presiden: Dokter Indonesia harus adaptif terhadap teknologi baru

4. Mendikbudristek luncurkan Merdeka Belajar Dana Indonesiana

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim meluncurkan Merdeka Belajar episode ke-18 yakni mengenai Merdeka Berbudaya dengan Dana Indonesiana.

“Dengan Dana Indonesiana, pemerintah berupaya untuk hadir dan bergerak bersama masyarakat untuk memulihkan kebudayaan dari situasi pandemi dan mendorong pemajuan kebudayaan dengan dukungan dana abadi yang sifatnya lebih stabil dan berkelanjutan,” ujar Nadiem dalam peluncuran yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Mendikbudristek luncurkan Merdeka Belajar Dana Indonesiana

5. Presiden: Pelaku perjalanan luar negeri tak perlu jalani karantina

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah tidak lagi mewajibkan pelaku perjalanan luar negeri yang tiba di bandara-bandara di wilayah Indonesia menjalani karantina.

"Pelaku perjalanan luar negeri yang tiba di seluruh bandara di Indonesia tidak perlu lagi harus melewati karantina. Namun, pemerintah tetap mewajibkan pelaku perjalanan yang tiba dari luar negeri untuk melakukan tes usap PCR," katanya dalam tayangan video yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Rabu.

Baca juga: Presiden: Pelaku perjalanan luar negeri tak perlu jalani karantina

Pewarta: Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022