Beijing (ANTARA) - Saham-saham Asia bergejolak pada akhir perdagangan Kamis, dan harga minyak berbalik lebih rendah, karena perkembangan terbaru dalam perang Ukraina dan lebih banyak komentar hawkish dari pejabat Federal Reserve (Fed) AS membuat investor gelisah.

Indeks MSCI dari saham Asia-Pasifik di luar Jepang menghapus beberapa kerugian sebelumnya menjadi turun 0,34 persen, hari ini, dengan saham China memimpin penurunan.

Indeks Hang Seng Hong Kong (HSI) turun 0,3 persen, sementara indeks saham unggulan China daratan (CSI300) turun 0,6 persen.

Namun demikian, Nikkei Jepang membalikkan kerugian menjadi naik 0,25 persen dan mengakhiri sesi di tertinggi sembilan minggu, didukung oleh mundurnya minyak mentah dan pembelian di akhir tahun fiskal Jepang bulan ini.

"Ini masih merupakan pasar yang relatif bergejolak, (yang) menunjukkan bahwa pergerakan saham yang baik ini harus diperlakukan dengan hati-hati," kata Kyle Rodda, seorang analis di pasar IG.

Pasar Eropa bersiap untuk pembukaan yang lebih kuat, seperti yang ditunjukkan oleh perdagangan berjangka awal. Euro Stoxx 50 berjangka naik 0,29 persen, DAX berjangka Jerman naik 0,25 persen dan FTSE berjangka naik 0,2 persen. E-mini berjangka untuk S&P 500 naik 0,4 persen.

Mendorong beberapa volatilitas, pembuat kebijakan The Fed pada Rabu (23/3/2022) mengisyaratkan mereka siap untuk mengambil tindakan yang lebih agresif untuk menurunkan inflasi yang tidak terkendali, termasuk kemungkinan kenaikan suku bunga setengah poin pada pertemuan kebijakan berikutnya pada Mei.

Baca juga: Rubel perpanjang pemulihannya, saham Moskow naik setelah jeda sebulan

Ini mendorong ketiga indeks acuan utama saham AS berakhir satu persen lebih rendah semalam.

"Kami memperkirakan kenaikan terbatas pada ekuitas AS. The Fed jelas memprioritaskan memerangi inflasi, dan meskipun bukan kasus dasar kami, risiko stagflasi telah meningkat," kata analis di Barclays dalam sebuah catatan pada Kamis.

Geopolitik juga menjadi perhatian utama dan Presiden AS Joe Biden akan menghadiri pertemuan darurat NATO di kemudian hari. Biden akan bertemu dengan para pemimpin G7 dan berbicara dengan para pemimpin Uni Eropa, dengan pasar waspada terhadap eskalasi sanksi terhadap Rusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada Rabu (23/3/2022) bahwa Moskow, yang menyebut tindakannya di Ukraina sebagai "operasi militer khusus", akan meminta pembayaran dalam rubel untuk gas yang dijual ke negara-negara "tidak bersahabat", mengguncang pasar energi.

Namun harga minyak mentah pada Kamis menyerahkan keuntungan sebelumnya dalam perdagangan yang bergejolak karena investor menilai potensi pasokan baru di pasar yang ketat di tengah prospek kesepakatan baru Iran.

Para pemimpin Uni Eropa juga diperkirakan akan setuju pada pertemuan puncak dua hari yang dimulai Kamis untuk bersama-sama membeli gas, karena mereka berusaha untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar Rusia dan membangun penyangga terhadap guncangan pasokan, tetapi blok tersebut tetap tidak mungkin memberikan sanksi pada minyak dan gas Rusia.

Brent berjangka turun 58 sen atau 0,48 persen, menjadi 121,02 dolar AS per barel dan minyak berjangka West Texas Intermediate AS turun 96 sen atau 0,84 persen, menjadi 113,97 dolar AS per barel pada pukul 05.02 GMT. Kontrak berjangka masing-masing naik dua dolar AS dan satu dolar AS di awal perdagangan.

Baca juga: Minyak lanjutkan kenaikan di Asia, saat kekhawatiran pasokan bertahan

Pasar obligasi, sementara itu, berhenti sejenak untuk bernapas dengan imbal hasil acuan pada obligasi pemerintah AS 10-tahun bertahan di 2,3444 persen di perdagangan Asia, setelah mundur dari puncak hampir tiga tahun di 2,4170 persen semalam.

Imbal hasil pada obligasi dua tahun, yang lebih sensitif terhadap ekspektasi pedagang untuk suku bunga dana Fed, berdiri di 2,1366 persen, turun dari tertinggi hampir tiga tahun di 2,2020 persen yang dicapai Selasa (22/3/2022).

Di pasar mata uang, dolar AS mendapat beberapa dukungan karena mata uang komoditas mengambil jeda dari reli curam yang didorong oleh kenaikan harga-harga untuk ekspor, meskipun pasar obligasi AS yang lebih stabil menawarkan sedikit pelipur lara bagi yen yang kesulitan.

Yen telah mencapai level terendah enam tahun di 121,41 pada Rabu (23/3/2022) karena kenaikan imbal hasil AS dan neraca perdagangan yang memburuk menyedot uang tunai dari Jepang.

Emas sedikit lebih rendah, diperdagangkan pada 1.942,9 dolar AS per ounce.

Baca juga: Emas di kisaran ketat, pasar amati krisis Ukraina, sikap kebijakan Fed

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022