Jakarta (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) berhasil memenangkan dua penghargaan dalam BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMMS) tahun 2022, salah satu ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN bagi praktisi komunikasi di lingkungan BUMN.

Direktur HC & Legal Hutama Karya Muhammad Fauzan mengatakan penghargaan berhasil diraih setelah melalui serangkaian proses penilaian oleh dewan juri, salah satunya Najwa Shihab.

“Di awal pandemi tahun 2021 Hutama Karya terus melanjutkan mega proyek Trans Sumatera yang merupakan proyek strategis nasional dan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Selain itu banyak pula proyek strategis serta aksi korporasi penting lainnya yang dilakukan oleh perusahaan," ujar Fauzan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Dengan demikian untuk menjamin suksesnya proyek-proyek yang diemban perusahaan, komunikasi kepada publik dengan narasi yang terstruktur, pesan-pesan komunikasi yang jujur, serta transparansi dan kecepatan distribusi akan suatu informasi menjadi sangat penting bagi perusahaan.

"Inilah yang menjadi tantangan bagi tim Corcomm Hutama Karya dalam mengedukasi dan meramu pesan strategis tersebut menjadi konten yang menarik untuk dapat diketahui oleh publik dengan cepat,” kata Fauzan.

Lewat program komunikasi perusahaan di tahun 2021, Hutama Karya mendapatkan Juara 1 untuk subkategori Media Relations Management dengan karya berjudul “Orchestrating Public Perception,” serta Juara 3 subkategori Social Media & Corporate Campaign dengan karya bertajuk “The Unconventional Branding Strategy”.

Baca juga: HK Infrastruktur raih penghargaan kecelakaan nihil Tol Binjai-Stabat

Fauzan mengatakan hal itu  merupakan tahun kedua Hutama Karya berpartisipasi dalam pagelaran BCOMMS. Di tahun ini, selain menyabet dua penghargaan, Hutama Karya juga berhasil menjadi nominasi dalam kategori Internal Communication Implementation dengan karya berjudul “Becoming The Lighthouse” lewat program sharing knowledge HK Academy & HK ExperTalk. Dalam kompetisi ini, Hutama Karya bersaing dengan puluhan BUMN di Indonesia dan ribuan karya yang masuk.

“Kami ingin mengukuhkan citra perusahaan yang tidak hanya membangun infrastruktur, namun membawa dampak nyata bagi masyarakat lewat hadirnya infrastruktur tersebut. Perusahaan juga harus adaptif terhadap digitalisasi teknologi. Sehingga kampanye komunikasi 'Menghubungkan Kebaikan' kami implementasikan secara menyeluruh baik di digital dan media sosial HK, hingga kami sisipkan ke dalam pesan strategis perusahaan di media konvensional," kata Fauzan.

Hutama Karya juga melakukan pengukuran dan evaluasi berkala atas pencapaian program komunikasi pada tahun 2021. Apresiasi untuk Kementerian BUMN yang telah menggelar BCOMSS 2022.

"Kami berkomitmen untuk terus transparan dalam mengkomunikasikan perkembangan pembangunan infrastruktur yang digarap perusahaan,” ujar Fauzan.

BCOMSS merupakan sebuah ajang di dunia Kehumasan dan program keberlanjutan bagi perusahaan BUMN. BCOMSS 2022 menjadi tahun kedua gelaran akbar praktisi komunikasi dan CSR di lingkungan BUMN yang diharapkan dapat menjadi acuan, standar, dan apresiasi tertinggi yang akan membawa peningkatan kualitas program komunikasi dan keberlanjutan BUMN.

Baca juga: Hutama Karya raih tiga penghargaan dalam bidang CSR

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022