Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) DKI Jakarta mendorong konektivitas internet ke seluruh wilayah Jakarta yang mengedepankan kolaborasi lima pilar (pentahelix).

Ketua Pengurus Wilayah APJII DKI Jakarta, Tedi Supardi Muslih menyebutkan, penekanan konektivitas internet ke seluruh Jakarta dalam masa kepengurusannya dengan kolaborasi erat berbagai pihak seperti pemerintah, media, komunitas, bisnis dan akademisi adalah juga untuk pengembangan Jakarta sebagai "smart city".

"Kami Pengurus APJII DKI Jakarta mengedepankan pentingnya sinergi pentahelix untuk pengembangan Jakarta sebagai 'smart city'," ujar Tedi dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Untuk memulainya, Tedi akan mengawali dari Pengurus Wilayah (Pengwil) APJII DKI Jakarta yang baru dikukuhkan pada Kamis (24/3). Pengurus wilayah harus progresif dan harmonis dalam menerjemahkan ekosistem digital.

"Saya yakin keberadaan Pengwil APJII DKI Jakarta juga akan memberi dampak yang positif bagi ekosistem digital yang dirancang Dewan Pengurus APJII 2021-2024," katanya.

Ketua Umum APJII Muhammad Arif Angga meyakini APJII DKI Jakarta, meski baru dibentuk dibanding dengan 13 wilayah APJII lainnya, bisa memberi dampak signifikan pada perkembangan teknologi dan organisasi.

"Meski baru dibentuk, saya yakin APJII Wilayah DKI Jakarta ini bisa jadi bayi ajaib karena para pengurusnya adalah orang-orang yang berpengalaman di industri telekomunikasi dan di asosiasi," ujar Arif yang diwakili oleh Ketua Bidang Layanan dan Komunikasi Anggota APJII Heru Setiawan.

Baca juga: Ketua APJII DKI ingin implementasikan ekosistem digital
Baca juga: Tokoh APJII DKI bertekad terjemahkan ekosistem digital


Kepala Pusat Operasi Keamanan Siber Nasional Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Brigjen TNI Ferdinand Mahulette menyambut baik pengukuhan Pengurus APJII Wilayah DKI Jakarta.

BSSN sebagai pihak yang berwenang menjaga keamanan dan ketahanan ruang siber di negara  sangat bangga bisa bekerjasama dengan APJII. "Terlebih pengurusnya saya kenal dekat sejak dulu, jauh sebelum BSSN terbentuk," ujar Ferdinand.

Pengukuhan pengurus APJII wilayah DKI Jakarta dilakukan oleh Ketua Pengurus Wilayah APJII DKI Jakarta Tedi Supardi Muslih di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta, 24 Maret 2022.

Pengurus Wilayah APJII DKI Jakarta dikukuhkan setelah terpilih pada Musyawarah Pembentukan Wilayah (Muspemwil) APJII pada Desember 2021 di Jakarta.

Muswil APJII DKI Jakarta tersebut telah memilih kepengurusan baru. Kepengurusan APJII Wilayah DKI Jakarta periode 2021-2024 sudah resmi terbentuk.
 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022