Jalur KA Tanjungpriok-Kota akan diaktifkan kembali

Jalur KA Tanjungpriok-Kota akan diaktifkan kembali

Petugas Satpol PP membongkar bangunan liar di sepanjang jalur kereta api - ilustrasi (FOTO ANTARA/ DHONI SETIAWAN)

Jakarta (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia akan mengaktifkan kembali jalur kereta api Tanjungpriok-Jakarta Kota pada 2012 sehingga bangunan liar yang berada di sepanjang jalur itu pada Selasa ditertibkan.

Petugas dari PT KA mulai membongkar bangunan liar di pinggir rel antara lain di Kampung Muara Bahari, Jalan Samudera I, Kelurahan Tanjungpriok, Jakarta Utara.

"Penertiban itu dilakukan karena jalur KA itu pada tahun 2012 akan diaktifkan kembali. Selain itu keberadaan bangunan tersebut juga dinilai sangat membahayakan para penghuninya, saat kereta melintas," kata wakil koordinator penertiban PT KA Daop I Jakarta, Laode Asrul Karim.

Tim penertiban yang berjumlah 50 orang dari Polsuska, Kodim 0502, dan Satpol PP membongkar bangunan liar yang sebagian besar berdinding kardus, terpal, dan triplek.

Sudah hampir 10 tahun jalur Tanjungpriok-Jakarta Kota tidak diaktifkan sehingga banyak bangunan liar bermunculan.

"Jalur yang banyak berdiri bangunan panjangnya sekitar 8 kilometer," katanya.

Menurut Laode, sebelum penertiban pemerintah daerah sudah mengeluarkan surat edaran dan melakukan sosialisasi. Pembongkaran bangunan liar berlangsung lancar. "Bahkan, mereka membongkar sendiri yang dibantu oleh petugas," kata Laode.

(ANT-008)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011

PT KAI Divre III Palembang ajak masyarakat patuhi aturan perlintasan jalur kereta

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar