Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah melalui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menjamin pelaksanaan SEA Games 2011 akan tepat waktu yaitu 11 - 22 November, kendati masih ada beberapa venues yang belum rampung pembangunannya.

"Semua sudah akan siap pada waktunya 11 - 22 November ini, untuk pelaksanaan SEA Games 2011 baik yang di Palembang maupun di Jakarta," kata Menpora Andi Mallarangeng, seusai mengadakan rapat koordinasi diantaranya dengan Menko Kesra Agung Laksono, Ketua Inasoc Rita Subowo dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin di Jakarta, Selasa malam.

Menpora juga berharap agar masyarakat Indonesia seluruhnya bisa menjadi tuan rumah yang baik dalam rangka ikut mensukseskan SEA Games 2011 ini, karena event akbar olah raga tingkat Asia Tenggara ini juga berkaitan dengan budaya serta pariwisata Indonesia.

"Kami berharap masyarakat juga bisa menjadi tuan rumah yang baik bagi SEA Games nanti, karena event itu akan bisa digunakan sebagai sarana promosi budaya serta pariwisata Indonesia," katanya.

Ketika disinggung tentang kemungkinan dipindahkannya beberapa venues di Palembang ke Jakarta, Menpora mengatakan tidak akan ada perubahan, tetap seperti jadwal semula.

"Tidak ada perpindahan venue, tetap seperti semula, meskipun ada venue yang belum selesai pembangunannya," katanya sambil menambahkan bahwa masalah keamanan di Palembang dan Jakarta juga akan diperhatikan.

Sementara itu Alex Nurdin menyatakan bahwa pembangunan venue pertandingan paling lambat tanggal 15 Oktober ini sudah harus selesai.

"Saya yakin pada 15 Oktober seluruh venue selesai, dan mungkin hanya segi pertamanan saja yang belum selesai," kata Gubernur Sumsel itu.

Sementara itu Rita Subowo mengatakan, Inasoc diberi wewenang untuk memberi usulan tentang pengadaan barang peralatan.

"Setelah melalui verifikasi kami baru bisa beri usulan pengadaan peralatan, jadi tidak sembarang tunjuk," kata Ketua Inasoc Rita Subowo.

Melalui APBNP sudah disalurkan dana senilai Rp690 miliar untuk pengadaan peralatan.

"Sudah 11 paket usulan peralatan, dan bahkan tim verifikasi sudah menambah 11 paket lagi," kata Rita Subowo.

Pada SEA Games 2011 ini 22 cabang akan dipertandingkan di Palembang dan 21 cabang di Jakarta . (A020)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011