...kamu cantik apa adanya, sadari, syukuri dirimu sempurna...
Jakarta (ANTARA News) - Maria Selena dari Jawa Tengah dinobatkan menjadi Puteri Indonesia 2011, ditandai penyematan mahkota emas putih berlapis batuan alam dan mutiara oleh Puteri Indonesia 2010, Nadine Alexandra Dewi, di Jakarta, Jumat (7/10)

Selena unggul atas 37 finalis lain dari 33 provinsi di Indonesia setelah melalui 10 hari masa karantina sebagai masa pembekalan dan penilaian berdasarkan "beauty, brain and behavior".

Sementara Liza Elly Purnama dari Jawa Timur menjadi Putri Indonesia Lingkungan (runner-up 1) dan Andri Tentri Gusti Hanum Natasha dari Sulawesi Selatan meraih Puteri Indonesia Pariwisata (runner-up 2) sekaligus menjadi Puteri Indonesia Favorit berdasarkan jajak pendapat sms dan juga mendapat gelar Puteri Berbakat.

Penyematan mahkota juga itu disaksikan oleh Miss Universe 2011 asal Angola, Leila Lopes, yang di atas panggung menyatakan bahwa ia kagum dengan kebudayaan Indonesia.

Selena menjawab dengan lugas pertanyaan akhir dari 11 juri dengan ketua General Manager PT Mustika Ratu, Amir Husein, mengenai hal apa yang mendukungnya sehingga dapat menjadi dirinya yang sekarang.

"Saya mensyukuri yang terjadi dalam hidup, kegagalan mengajarkan arti keberhasilan kepada saya sehingga pelajaran setiap hari membuat saya dapat mengerti mengenai hidup yang lebih berharga," katanya selama 60 detik di panggung.

Usai mendapat mahkota, mahasiswi jurusan manajemen bisnis ITB itu mengatakan dia ingin berkontribusi bagi masyarakat di bidang sosial.

"Saya bersyukur atas kemenangan saya dan ingin berkontribusi bagi masyarakat di bidang sosial. Mungkin saya harus menunda kuliah tapi saya berani mengambil resiko itu karena kemenangan ini adalah awal langkah saya, namun saya belum terpikir untuk berkarir menjadi model," ucap gadis yang juga atlit basket tersebut.

Puteri Indonesia 1, runner-up 1 serta runner-up 2 berhak untuk mencoba ajang internasional masing-masing Miss Universe, Miss International dan Asia Pasific 2012 serta mendapat berbagai hadiah dari sponsor misalnya mobil, rumah dinas, beasiswa, pakaian, sepatu dan hadiah lain.

Busana para finalis adalah gaun malam rancangan Hian Tjen, Imelda Kartini, Albert Yanuar, Barly Asmara, serta kebaya dari Intan Avantie dan Anne Avantie.

Meminjam lagu Beautiful yang dinyanyikan girlband Cherrybells pada acara tersebut dengan syair "kamu cantik apa adanya, sadari, syukuri dirimu sempurna", ajang Puteri Indonesia tetap membawa keceriaan bagi perempuan Indonesia,setidaknya hal itu terlihat dari senyum yang tersungging di wajah 38 finalis sepanjang acara. (SDP-03)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011