Pangkalpinang (ANTARA) - Puting beliung yang menerjang Desa Kebintik, Kecamatan Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyebabkan setidaknya 118 rumah warga rusak menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Rabu, mengatakan bahwa puting beliung juga menyebabkan kerusakan satu kelenteng, satu balai persemayaman, dan satu pangkalan gas elpiji di desa tersebut.

"Tim sedang melakukan pendataan tingkat kerusakan rumah dan fasilitas umum akibat puting beliung," katanya, menambahkan, puting beliung umumnya menyebabkan kerusakan atap rumah.

Selain menyebabkan kerusakan rumah warga, ia mengatakan, terjangan puting beliung menyebabkan empat warga desa terluka dengan perincian satu orang terluka berat dan tiga orang terluka ringan.

"Korban luka berat dan ringan telah dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis," katanya.

BPBD Kepulauan Bangka Belitung berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk mendata dan membantu penanganan dampak terjangan puting beliung di Desa Kebintik.

"Tim membantu memotong pohon yang menimpa rumah warga dan memasang terpal di rumah warga yang atapnya rusak," kata Mikron. 

Baca juga:
Seratusan rumah di Bangka Tengah rusak diterjang angin kencang
Banjir merendam jalan raya di Kabupaten Bangka Tengah

Pewarta: Aprionis
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022