Liwa, Lampung (ANTARA News) - Sebanyak 326 calon haji Lampung Barat, Provinsi Lampung diberangkatkan menuju Asrama Haji di Bandarlampung.

"Hari ini jamaah calon haji Lampung Barat diberangkatkan menuju Asrama haji di Bandarlampung, dan acara pelepasan berlangsung dengan lancar dan penuh hikmat," kata Kabag Kesra, Sekretariat Pemkab Lampung Barat, Amsir, di Liwa, Senin.

Dia menjelaskan, acara pelepasan jemaah calon haji (calhaj) dilaksanakan di Islamic Center sekitar pukul 07.00 WIB.

Menurut dia, kondisi kesehatan jemaah cukup baik sehingga mampu melaksanakan setiap rangkaian kegiatan yang dilaksanakan.

"Bersyukur sebanyak 326 orang calhaj yang dilepas tadi tidak mengeluhkan adanya masalah kesehatan dan optimistis dalam keberangkatan ke tanah suci nanti dapat siap menghadapi perubahan iklim," kata dia lagi.

Masih kata Amsir, panitia pemdamping terus melakukan pemantauan terhadap kondisi kesehatan calhaj, dan mempersiapkan perlengkapan medis bila terjadi gangguan kesehatan.

Kemudian lanjut dia, pemkab menyediakan 15 armada bus untuk mengantar ke Asrama Haji di Bandarlampung.

"Kegiatan demi kegiatan telah dilaksanakan dengan baik oleh calhaj, dan berharap saat tiba di tanah suci Mekkah nanti, dapat melaksanakan dengan baik setiap tahapan kegiatan ibadah," katanya.

Acara pelepasan jemaah calon haji secara simbolis oleh Bupati Lampung Barat Muklis Basri didampingi oleh jajaran pejabat, tokoh masyarakat, anggota DPRD, dan tokoh agama.

Meskipun acara pelepasan tersebut diselimuti cuaca kabut tebal namun tidak mengganggu jalannya acara tersebut.

Isak tangis keluarga jemaah calon haji mewarnai acara pelepasan tersebut, puluhan petugas yang berasal dari Polres Lampung Barat mengamankan dan mengawal hingga menuju ke Asrama Haji Bandarlampung.

Menurut rencana pada tanggal 11/10 besok, calhaj asal Lampung Barat akan diterbangkan ke Jakarta sekitar pukul 10.00 WIB, dan selanjutnya pada pukul 13.00 WIB seluruhnya diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah.

Bedasarkan data jumlah semula jamaah calon haji Lampung Barat mencapai 328 orang, berkurang dua dengan keterangan satu mengundurkan diri dan satu orang lagi mutasi ke Kota Metro.

(ANT-049/T013)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011