bagian dari program pemberdayaan perempuan
Jakarta (ANTARA) - Puluhan ibu rumah tangga mengikuti pelatihan mengolah sampah plastik menjadi barang layak pakai seperti karpet dan tas oleh PT Sumber Alfaria Trijaya selaku pengelola Alfamart bekerja sama dengan Bank Sampah Tri Lestari, di Kedoya, Jakarta Barat.

"Ini merupakan bagian dari program pemberdayaan perempuan yang bertujuan memberikan tambahan keterampilan dan jika ditekuni bisa menjadi penghasilan," kata Branch Manager Alfamart Cikokol, Hadi Susianto, saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mengurangi jumlah sampah plastik yang semakin melimpah di tempat pembuangan sampah setiap wilayah.

Hadi melanjutkan, limbah yang dipakai warga untuk diolah umumnya adalah sampah kemasan plastik seperti bungkus kopi saset, bungkus makanan ringan hingga botol air mineral.

Baca juga: Pemkot Jakarta Selatan targetkan kurangi 345 ton sampah per hari

Beberapa proses pengolahan sampah pun diajarkan kepada warga seperti mencuci kemasan hingga bersih, merancang model kerajinan yang akan dibuat hingga membuat aneka barang layak pakai dari bahan sampah plastik.

Para peserta yang ikut dalam kegiatan itu pun mengaku senang dengan program pelatihan sampah tersebut. 

Salah satu peserta, Ida mengaku baru pertama kali mengikuti pelatihan pengolahan sampah seperti ini.

Dengan pelatihan tersebut, Ida menjadi paham cara mengolah sampah dan memilah-milah limbah yang akan dibuang.

Baca juga: Pemkot Jakarta Selatan targetkan kurangi 345 ton sampah per hari

"Saya pernah lihat di TV ada program pengolahan limbah seperti ini tapi baru kali ini praktek langsung dan diajari cara-caranya. Sekarang jadi tahu dan lebih teliti lagi milih sampah yang harus dibuang," kata Ida.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022