Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi Intel telah meluncurkan jajaran grafis Intel Arc untuk laptop guna melengkapi platform Intel.

"Ini adalah discrete GPU pertama dari portofolio grafis Intel Arc A-Series kami untuk laptop, sedangkan produk untuk desktop dan workstation akan hadir pada akhir tahun ini," kata Vice President dan General Manager of Graphics and Gaming Team Intel, Roger Chandler, dalam keterangannya, Sabtu.

Untuk laptop baru dengan grafis Intel Arc, Chandler menjelaskan pihaknya telah bermitra dengan OEM terkemuka untuk merancang bersama jajaran laptop luar biasa dengan peningkatan kemampuan gaming dan kreasi konten dengan grafis Intel Arc dan prosesor 12th Intel Core.

"Banyak perangkat baru dengan grafis Intel Arc 3 akan menampilkan respons khas dari platform Intel Evo, masa pakai baterai, dan konektivitas Wi-Fi 6 dalam faktor bentuk thin-and-light," kata dia.

Laptop dengan grafis Intel Arc 3 menawarkan peningkatan gaming dengan resolusi 1080p dan kreasi konten yang canggih, dan laptop dengan grafis Intel Arc 5 dan Intel Arc 7 akan menawarkan kemampuan kreasi konten yang sama canggihnya, ditambah dengan peningkatan kinerja grafis dan komputasi.

Laptop pertama dengan GPU Intel Arc 3 sudah bisa dipesan sekarang dan akan disusul oleh desain baru dengan grafis Intel Arc 5 dan Intel Arc 7, pada awal musim panas.

"Landasan produk dengan GPU Intel Arc A-Series dan pendekatan platform-level kami terhadap inovasi grafis dimulai dengan mikroarsitektur Xe High Performance Graphics (Xe HPG) terbaru, yang dirancang untuk para gamer dan kreator," kata Chandler.

"Kami telah mengemas banyak sekali teknologi hebat ke dalam Xe HPG, termasuk Xe-core yang powerful dengan engine Intel XMX AI, sebuah pipeline graphic yang dioptimalkan untuk DirectX 12 Ultimate dengan akselerasi hardware untuk ray tracing, Xe Media Engine dirancang untuk mempercepat workload kreator saat ini maupun yang akan datang, dan Xe Display Engine sudah mendukung DisplayPort 2.0 UHBR10," imbuhnya.

Intel Xe Matrix Extensions (XMX) AI menghasilkan lebih banyak kemampuan komputasi untuk mempercepat workload AI.

Engine AI ini memiliki kekuatan komputasi 16 kali untuk menyelesaikan operasi inferensi AI jika dibandingkan dengan unit vektor GPU tradisional, yang dapat meningkatkan kinerja dalam produktivitas, game, dan aplikasi kreator.

Xe Super Sampling (XeSS) adalah solusi kami yang memanfaatkan kekuatan XMX AI pada grafis Intel Arc untuk menghadirkan peningkatan kinerja tinggi yang diakselerasi oleh AI.

XeSS adalah teknologi upscaling terbaru yang menggunakan deep learning untuk mensintesis gambar yang sangat dekat dengan kualitas rendering untuk native high-res. XeSS akan hadir pada musim panas dan akan didukung pada semua produk dengan grafis Arc A-Series.


Baca juga: Intel® akan gelar Gamer Days 2021 pada September

Baca juga: MSI kenalkan GE76 Raider Dragon dan rangkaian laptop bergrafis RTX 30

Baca juga: Ini prosesor Intel Haswell mendatang untuk "game"

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022