Jakarta (ANTARA) - Sejumlah musisi dari berbagai generasi tampil memberikan tribut untuk menghormati karir bermusik Joni Mitchell -- yang sebelumnya dikenal dengan karya-karya berbalut rock dan jazz selama bertahun-tahun.

Dikutip dari Associated Press, Minggu, Mitchell dihormati sebagai MusiCares Person of the Year 2022 oleh Recording Academy pada dua hari sebelum Grammy Awards tahun ini yang dihelat di Las Vegas pada Minggu malam waktu setempat.

Herbie Hancock memainkan piano jazz membawakan musik dari album 1976 Mitchell berjudul "Hejira". Kemudian diikuti oleh versi terbaru "Help Me" 1974 dari Violet Grohl, putri vokalis Foo Fighters Dave Grohl, untuk membuka konser penghormatan di MGM Grand Las Vegas.

Di tengah-tengah mereka, Mitchell hadir, duduk di meja depan.

"Saya pertama kali mendengar Joni Mitchell tahun 1968, dan saat itu saya berusia 15 tahun," kata Cyndi Lauper, yang sekarang berusia 68 tahun. "Saya belum pernah mendengar orang bernyanyi begitu intim tentang bagaimana rasanya menjadi seorang wanita muda yang menavigasi dunia ini," imbuhnya.

Baca juga: Joni Mitchell cabut lagunya dari Spotify

Baca juga: Joni Mitchell dirawat di rumah sakit


Lauper membacakan beberapa kalimat Mitchell yang paling menyentuh hatinya, sebelum memainkan "Magdalene Laundry".

"Saya tidak tahu bagaimana Anda melakukan apa yang Anda lakukan, saya hanya tahu saya membutuhkannya seperti layaknya makanan," kata Meryl Streep dalam pesan video yang diputar untuk Mitchell dan penonton.

"Sejak kami berdua masih gadis-gadis muda. Kami tidak saling mengenal, tetapi Anda membuat saya menjadi ada. Anda menyanyikan hidup saya," imbuh Streep.

Tujuh tahun setelah aneurisma otak yang membuatnya tidak dapat berjalan atau berbicara untuk sementara, Mitchell, yang berusia 78 tahun, senang berada di Las Vegas dan keluar di acara publik besar untuk pertama kalinya sejak pandemi dimulai.

Mitchell adalah presenter dan nominasi untuk album sejarah terbaik di Grammy hari Minggu ini. Dia bilang dia selalu menemukan dirinya dalam genre dan kategori yang tidak membuat siaran Grammy.

“Saya biasanya memenangkan penghargaan di balik tirai,” katanya sambil tertawa.

Di dalam, duduk satu meja dengan Hancock dan sutradara Cameron Crowe, Mitchell sering muncul hampir menangis saat parade artis memujinya sebelum memberikan pendapat mereka tentang lagu-lagunya.

“Tidak seperti orang yang hidup di zaman Shakespeare, dan Beethoven, kita hidup di zaman Joni Mitchell, dan itu terlihat malam ini,” kata Brandi Carlile, yang menyanyikan versi “Woodstock”.

Dalam pendekatan baru untuk penghargaan MusiCares tahun ini, penyelenggara menunjuk Brandi Carlile, pemenang lima Grammy, dan Jon Batiste, yang meraih 11 nominasi Grammy tahun ini sebagai direktur musik untuk mengoordinasikan para artis dan pendekatan mereka terhadap genre yang sulit dari lagu-lagu atas karir lima dekade Mitchell.

John Legend memberikan penampilan kejutan, bernyanyi dan bermain piano solo untuk "River" milik Mitchell di atas panggung.

Carlile dan Batiste membawa sebagian besar penampil malam itu kembali ke panggung untuk menyanyikan "The Circle Game" dan "Big Yellow Taxi".

MusiCares Person of the Year adalah penghargaan pencapaian karir yang diberikan untuk kombinasi pencapaian artistik yang menginspirasi dan filantropi.

Gala yang membagikannya menggalang dana untuk program MusiCares, badan amal Recording Academy yang menyediakan layanan kesehatan dan kesejahteraan bagi musisi yang membutuhkan.

Penerima penghargaan sebelumnya termasuk Quincy Jones, Stevie Wonder, Elton John, Bruce Springsteen, Aretha Franklin, Dolly Parton dan Aerosmith.

Baca juga: Kanye dilarang tampil di Grammy Awards akibat sikap "online"nya

Baca juga: Tanpa Ye hingga Foo Fighters, Grammy Awards diharapkan tetap meriah

Baca juga: Masih berduka, Foo Fighters batal tampil di Grammy Awards

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022