Palembang (ANTARA News) - Indonesia hanya meloloskan satu pasangan ke final kejuaraan voli pantai Asia Pasifik LA Lights Piala Gubernur Sumsel 2011 setelah pasangan Andy Ardiansyah-Koko Prasetyo berhasil melalui semifinal dengan baik.

Pasangan Indonesia-1 itu pada semifinal di Komplek Olahraga Jakabaring, Palembang Minggu pagi, mengalahkan pasangan oman-1 Bader Al Subhi-Hassan Al Blushi 2-0 (21-16, 21-18).

Pada final, Minggu sore, Andy-Koko akan melawan pasangan Australia Aaron Crook-Casey Grice yang bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan tim Oman-2 Haithem Al Shereiqi-Ahmed Al Housni 2-1 (17-21, 21-15, 15-11).

"Ini pertama kali kami sampai ke final Asia Pasifik," kata Casey Grice usai pertandingan.

"Kami pernah bertemu Andy-Koko pada perempat final di Batam dua tahun lalu, kalah. Kali ini kami ingin menang," tambah Aaron Crook.

Menurut dia, kunci kemenangan atas Oman adalah komunikasi yang baik di antara mereka serta cepat mempelajari permainan lawan.

"Kami berdua mempunyai tipe permainan yang sama," tambah Aaron.

Sementara itu, satu-satunya tim putri Indonesia yang tersisa, pasangan Efa Sri Susilowati-Dhita Juliana tersingkir di semifinal setelah gagal mengatasi pasangan Malaysia-1 Beh Shun Thing-Luk Teck Hua yang mengalahkan mereka 1-2 (21-19, 12-21, 9-15).

"Kami kalah pengalaman, permainan mereka juga di atas kami," kata Efa usai pertandingan.

Selain itu, tambahnya, pasangan Malaysia tersebut lebih cepat mempelajari pola permainan mereka.

Selanjutnya, Efa-Dhita akan memperebutkan posisi ketiga dengan pasangan Thailand-2 Kamoltip Kulna-Varapasorn Radarong yang kalah dari rekan senegara mereka Usa Tenpaksee-Jarunee Sannok 0-2 (15-21, 20-22). Tenpaksee-Sannok akan bertemu pasangan Malaysia Beh Shun Thing-Luk Teck Hua di final turnamen berhadiah total 30.000 dolar AS tersebut. (ANT)



Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011