Ambon (ANTARA News) - Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Antonio Guido Filipazzi menyampaikan salam berkat dan damai dari Paus Benediktus XVI kepada masyarakat dan umat beragama di Maluku.

"Saya diminta untuk menyampaikan salam berkat dan damai dari pimpinan tertinggi umat Katholik, Paus Benediktus XVI kepada pemimpin daerah, tokoh agama, pemuka masyarakat serta seluruh umat beragama di Maluku," kata Dubes Antonio Guido Filipazzi, saat meresmikan dua sekolah tinggi Katholik, di Ambon, Minggu.

Pimpinan tertinggi umat Katholik Paus Benediktus, ujar Dubes, berharap kerukunan umat beragama di Maluku senantiasa terpelihara dan menjadi perekat rasa persaudaraan dan kekeluargaan.

Kehidupan orang Maluku yang terkenal memiliki hubungan kekerabatan dan terbingkai dalam budaya leluhur "Pela-gandong" harus terus dipelihara dan ditingkatkan sebagai perekat utama hubungan persaudaraan yang hakiki.

Dengan pola "hidup orang basudara" yang terpelihara dengan baik, Paus Benediktus meyakini kehidupan yang harmonis dan damai akan senantiasa tercipta dan tidak akan ada lagi konflik seperti yang pernah terjadi pada tahun 1999 maupun paska 11 September 2011.

"Konflik tidak akan membawa manfaat, setetapi sebaliknya penderitaan berkepanjangan bagi semua orang. Indonesia dan Maluku adalah wilayah yang terkenal dengan keragaman budaya serta kebersamaan hidup dalam persaudaraan dan kekeluargaan yang kental. Ini harus terus dipertahankan," ujarnya.

Paus benediktus, tandas Dubes, berharap, kerukunan umat beragama semakin kuat terbina dan umat memiliki ketahanan yang prima untuk menghadapi berbagai tekanan dan hasutan yang dilakukan pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

"Hiduplah dengan damai satu dengan lainnya serta saling menghagai perbedaan, guna menghadirkan sukacita, kesejahteraan dan keselamatan bagi banyak orang," katanya.

Dubes yang berkunjung di Ambon sejak 15-18 Oktober itu, selain meresmikan dua sekolah tinggi Katholik yakni Sekolah tinggi pendidikan agama Katolik (STPAK) Santo Yahanes dan Seminari Tinggi Santo Fransiskus Xaverius yang terletak di Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon.

Dubes juga akan berkunjung ke Saumlaki, ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) untuk memimpin misa syukuran peringatan 100 tahun berdirinya gereja Katholik di Kepulauan Tanimbar, MTB yang akan berlangsung, 18 Oktober 2011.
(T.KR-JA/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011