Palembang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan menawarkan kepada pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum untuk memanfaatkan perpustakaan berbasis digital atau "e-library" di Gedung Presisi Mapolda, Palembang.

"Perpustakaan di Mapolda tidak hanya untuk anggota Polri dan pegawai sipil, tetapi terbuka untuk umum. Mari datang dan belajar di perpustakaan ini baik pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat umum," ujar Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto, di Palembang, Selasa.

Baca juga: Pemprov Sumsel hadirkan pojok baca digital di Bandara SMB II Palembang

Menurut dia, perpustakaan berbasis digital itu berada di lantai satu samping lobi gedung utama Presisi Polda Sumsel yang beberapa waktu lalu diresmikan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Bagi pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum yang ingin memanfaatkan "e-library" itu bisa datang ke Mapolda di Palembang setiap hari Senin hingga Jumat pada jam kerja/dinas.

Baca juga: Permudah baca buku saat pandemi, Sumbar luncurkan "iSumbar Mambaco"

Untuk mengenalkan keberadaan dan memaksimalkan "e-library" baik kepada personel Polri, ASN, pegawai honor, pelajar, mahasiswa, dan masyarakat, pimpinan di masing-masing satuan kerja Polda Sumsel diinstruksikan untuk menyosialisasikannya ke lingkungan internal dan eksternal.

"Kami berharap dengan disosialisasikan ke lingkungan internal dan eksternal di seluruh satker, perpustakaan ini bisa bermanfaat bagi orang banyak yang ingin mencari ilmu pengetahuan dan berbagai informasi," ujarnya.

Baca juga: Akademisi: Perpustakaan digital dorong minat baca mahasiswa

Dia menjelaskan, perpustakaan tersebut menyediakan buku-buku dan program buku digital yang terkoneksi dengan perpustakaan nasional.

"Koleksi buku dan koneksi dengan perpustakaan digital lainnya akan terus ditambah sehingga perpustakaan di Mapolda ini bisa memenuhi kebutuhan bacaan dan referensi pelajar, mahasiswa, dan masyarakat Sumsel secara umum," kata Kapolda.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022