Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menyiapkan 17 pos pengamanan yang akan disebar di sejumlah simpul kepadatan lalu lintas menghadapi musim arus mudik Lebaran tahun ini.

"Rencana nanti akan dibangun 17 pos pantau dan dua pos pelayanan untuk pengamanan arus mudik selama Bulan Ramadhan hingga Idul Fitri 1443 Hijriah," kata Pelaksana tugas Bupati Bekasi Akhmad Marjuki di Cikarang, Rabu.

Dia mengatakan skema pengamanan itu bertujuan mengantisipasi tingginya mobilitas masyarakat selama periode musim mudik lebaran tahun ini, sedangkan hal-hal terkait teknis pelaksanaan masih terus dibahas bersama.

"Pengamanan ini perlu ditingkatkan dan diperketat lagi mengingat kita masih di Level 2 PPKM dan kita juga harus mengantisipasi tingginya mobilitas masyarakat yang melakukan perjalanan mudik," katanya.

Baca juga: Kakorlantas perintahkan jajaran siapkan pengamanan mudik Lebaran 2022

Pemerintah Kabupaten Bekasi akan melibatkan seluruh jajaran perangkat daerah seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP, BPBD, serta Dinas Kesehatan. Mereka akan bersinergi dengan unsur TNI dan Polri dalam menjaga kelancaran arus mudik sekaligus pengamanan Bulan Suci Ramadhan.

Marjuki meminta segenap tim yang akan ditugaskan nanti untuk dapat mengemban tugas dengan baik, serta bertanggung jawab secara moral dan sosial.

"Bagi yang akan bertugas, bukan hanya kewajiban tetapi bertugas dengan bertanggung jawab secara moral dan sosial terhadap sesama manusia. Di samping kita menjalankan tugas membantu TNI dan Polri, ini bisa jadi amal dan ladang pahala untuk kita," ucapnya.

Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Polisi Gidion Arif Setyawan mengatakan pengamanan arus mudik akan dikoordinasikan lagi lebih lanjut bersama pemerintah daerah, termasuk teknis dan persiapan operasi ketupat mendatang.

Pihaknya saat ini terus melakukan sejumlah upaya untuk menjaga kondusifitas Bulan Suci Ramadhan agar warga bisa beribadah dengan tenang dan lancar.

Baca juga: Ganjar: 900.000 kendaraan bakal masuk Jawa Tengah saat mudik lebaran

Seperti penertiban penggunaan jalan di sejumlah titik, antisipasi dan pengamanan kegiatan sahur di jalanan, hingga pengawasan terhadap warga yang menyalakan kembang api.

"Banyak hal yang harus kita antisipasi demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya saat periode puasa ini agar warga juga lancar menjalani ibadah di bulan puasa," katanya.

Komandan Kodim 0509 Kabupaten Bekasi Letkol Inf M. Horison menyatakan turut mendukung penuh kegiatan Polres Metro Bekasi dalam rangka menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat sehingga pelaksanaan ibadah di Bulan Ramadhan berjalan kondusif.

"Kami menyampaikan dukungan atas kegiatan yang dilakukan oleh Kepolisian Metro Bekasi, pengamanan ini tentu untuk kenyamanan dan keamanan masyarakat agar semua bisa melaksanakan ibadah puasa ini dengan kondusif," kata dia.

Baca juga: Menhub prediksi 79 juta orang akan mudik Lebaran 2022

Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat membahas pengamanan wilayah selama periode Ramadhan hingga arus mudik dan balik Lebaran 2022. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah)
 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022