Kota Pekanbaru (ANTARA) - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Pekanbaru bersama Badan Intelijen Nasional Daerah (Binda) Riau melakukan vaksinasi bagi warga binaan dan keluarga warga binaan, Rabu (6/4/22) guna menyukseskan program pemerintah melalui vaksinasi untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Riau M. Hilal dan Kepala Binda Riau Brigjen TNI Amino SB turut hadir memantau langsung pelaksanaan vaksinasi di Rutan Pekanbaru.

Baca juga: Imigrasi Tembilahan Riau mendeportasi warga Nigeria bermasalah hukum

"Kita melaksanakan perintah Presiden RI agar seluruh kementerian mendukung dan menyukseskan vaksinasi di Indonesia. Kegiatan digelar dalam rangka menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58 sekaligus sebagai upaya untuk mengakhiri pandemi menjadi endemi," kata Animo SB.

Hari ini, katanya, BIN bekerja sama dengan Kemenkumham Riau, salah satunya Rutan Pekanbaru melakukan vaksinasi massal untuk warga binaan yang nanti akan disusul dengan mengikutsertakan keluarga warga binaan.

Kepala Binda menghimbau seluruh masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi dosis I, II dan III.

Kadivpas Kemenkumham Riau M Hilal mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama Binda Riau telah memberikan vaksinasi kepada warga binaan, khususnya di Rutan Pekanbaru.

"Mewakili Kepala Kanwil Kemenkumham Riau menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas kerja sama ini kepada Binda Riau," kata Kadivpas.

Hilal juga berterima kasih atas dukungan Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Dinas Kesehatan Pekanbaru, Puskesmas Rejosari, Puskesmas Tenayan Raya, Puskesmas Harapan Raya, Puskesmas Sail, Puskesmas Sapta Taruna yang ada di Kota Pekanbaru yang sudah membantu pelaksanaan vaksinasi.

Ini Pertama kalinya dilakukan kerja sama dengan Binda di Provinsi Riau, yaitu di Rutan Pekanbaru. jumlah warga binaan yang belum divaksin per hari ini mencapai 4.281 orang di Lapas/rutan se-Riau, baik itu petugas maupun pegawai.

Kadivpas menambahkan ke depannya Kemenkumham Riau dan Binda Riau akan bekerja sama mempelopori vaksin bagi keluarga warga binaan.

Baca juga: Empat lapas di Riau sudah miliki blok pengendali narkoba

Baca juga: Pemrov Riau dorong perempuan berinovasi tingkatkan ekonomi keluarga


"Bukan hanya petugas, warga binaan, tapi keluarga warga binaan pun akan kita lakukan vaksinasi. Kita akan membantu pemerintah untuk percepatan vaksinasi," kata Hilal.

Karutan Pekanbaru M.Lukman mengatakan dengan melakukan vaksinasi akan memberikan dampak positif bagi tubuh, seperti merangsang sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penularan, mengurangi dampak berat dari virus dan membentuk kekebalan kelompok.

"Hari ini kita targetkan 840 orang warga binaan Rutan Pekanbaru yang divaksinasi dosis I, II dan penguat," ujar Lukman.

Pewarta: Frislidia
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022