Subang (ANTARA News) - Lintasan balap sepeda khusunya untuk disiplin road race atau jalan raya belum semuanya siap meski pelaksanaan SEA Games 2011 yang dituanrumahi Jakarta dan Palembang sudah dekat.

Berdasarkan pantauan lapangan bersama dengan panitia pelaksana (panpel) balap sepeda serta Inasoc DKI Jakarta, di wilayah Subang, Jumat, sedikitnya ada dua ruas jalan yang masih rusak.

Jalan yang rusak itu semuanya berada di jalan raya Cibogo-Subang. Panjang jalan yang rusak dan secepatnya butuh perbaikan kurang lebih 300 meter dan 200 meter.

"Kami telah mengirim surat kepada pemerintah provinsi Jawa Barat terkait hal ini (kerusakan jalan). Saat ini kami tinggal menunggu jawabannya," kata panpel balap sepada SEA Games 2011, Heriyanto.

Dua titik kerusakan di jalur yang akan dilintasan road race di wilayah Subang itu sebetulnya sudah masuk dalam tahap pengerjaan. Hanya saja pengerjaan baru setelah bahu jalan. Satu bahu jalannya saat ini masih berupa tanah.

Jika ditinjau dari semakin dekatnya pelaksanaan SEA Games 2011 yaitu 11-22 November nanti dikhawatirkan perbaikan tidak tuntas dan akan menggangu jalannya perlombaan.

"Dipindah tidak mungkin. Satu-satunya jalan yang lewat sini (Subang). Jika lewat Peganden tidak mungkin dilakukan karena melintasi rel kereta api yang aktivitasnya padat," kata Heriyanto menambahkan.

Ia berharap dengan semakin dekatnya pelaksanaan event olahraga terbesar di Asia Tenggara itu perbaikan jalur yang akan dilintasi peserta SEA Games tuntas sesuai jadwal.

"Selain road race jalur ini juga digunakan untuk indiviadual time trial dan team time trial," katanya menegaskan.

Cabang balap sepeda disiplin road race SEA Games 2011 akan menempuh jarak 168 km. Sesuai dengan jadwal, start dimulai dari Padalarang, Purwakarta, Sadang, Subang dan akan finis di pintu gerbang Tangkuban Perahu.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011