Magelang (ANTARA News) - Api SEA Games ke-26 yang diambil dari Mrapen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah telah tiba di Candi Borobudur, Minggu malam.

Api abadi tersebut sempat singgah terlebih dahulu di Rumah Dinas Bupati Magelang, sebelum dibawa ke Candi Borobudur.

Menurut rencana, pada Minggu malam ini akan dilaksanakan "ceremony start" di Candi Borobudur, selanjutnya dilakukan estafet secara nasional melibatkan sembilan wilayah provinsi yang akan dilalui.

Menurut panitia pelaksana SEA Games, Hilmi Zulhelmi Rustam, tujuan diselenggarakan "National Torch Relay Sea Games" untuk menyambut dan mensosialisasikan SEA Games kepada masyarakat Indonesia.

"Hal ini dalam rangka menumbuhkan semangat nasionalisme, rasa persatuan, dan kesatuan," katanya.

Pencanangan di Candi Borobudur, rencananya akan dihadiri Menpora Andi Malarangeng, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, Ketua KONI/INASOC.

Kegiatan tersebut dimeriahkan konser "Borobudur Road To SEA Games" yang disiarkan secara langsung oleh RCTI selaku media partner Sea Games dan direlay 10 negara peserta dengan menampilkan artis-artis ibu kota seperti Sherina, Ello, The Virgin, dan Triad.

Usai seremonial, obor api SEA Games akan dilepas menuju Yogyakarta untuk diterima Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. Selanjutnya Obor akan menginap di Yogyakarta selama semalam.
(U.H018/T009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011