ada 20 perusahaan yang terlibat dalam aksi ini lewat alokasi dana CSR-nya masing-masing
Serdang Bedagai, Sumut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, bersama Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP) menormalisasi Sungai Belutu di Kampung Manggis Desa Mangga Dua Kecamatan Tanjung Beringin.

Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya di Seirampah, Senin, mengatakan, pihaknya menyambut baik normalisasi sungai tersebut mengingat manfaat besar bagi masyarakat.

Hal itu juga sebagai bentuk kolaborasi yang baik antara Pemkab Serdang Bedagai dengan pihak perusahaan dalam hal mengatasi masalah dan persoalan di Kabupaten Serdang Bedagai.

Baca juga: Kemenkominfo apresiasi gerakan literasi digital Serdang Bedagai

"Kalau saya lihat, hal utama untuk menunjang aktivitas dan mobilitas masyarakat adalah pembangunan infrastruktur, baik itu jalan, irigasi, jembatan dan sungai," katanya.

Ia mengatakan masyarakat sudah berharap sejak lama adanya normalisasi sungai itu bahkan mungkin sudah puluhan tahun. Akhirnya harapan tersebut terealisasi lewat sinergi yang terjalin dengan pihak perusahaan di Serdang Bedagai. 

Baca juga: Banjir di Serdang Bedagai Sumut rendam empat kecamatan

Menurut dia, adanya sungai merupakan keuntungan tersendiri bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Salah satunya dari segi perekonomian mengingat sungai adalah kawasan dengan potensi sumber daya yang besar. 

"Masyarakat Tanjung Beringin ini harusnya secara ekonomi bisa lebih baik dibanding mereka yang tinggal di daerah pegunungan. Kenapa saya bilang begitu? Karena sungai yang ada di sini bisa dimanfaatkan sumber daya perikanannya serta potensinya untuk mendukung sektor pertanian," katanya.

Baca juga: Banjir di Serdang Bedagai Sumut rendam empat kecamatan

Sementara Ketua Forum TJSLP Ir. Indra menyampaikan, pihaknya hadir untuk membantu normalisasi sungai demi mengentaskan masalah banjir yang sudah berlarut-larut.

"Sudah ada 20 perusahaan yang terlibat dalam aksi ini lewat alokasi dana CSR-nya masing-masing. Kami juga merasa bangga dapat ikut berkontribusi dalam normalisasi Sungai Belutu, " katanya.

Baca juga: Realisasi vaksinasi COVID-19 penguat di Sumut capai 1.496.988 jiwa

Baca juga: Pemkab Serdang Badagai gelar Gebyar Menanam Pohon

Pewarta: Juraidi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022