... Bukan hanya Ahmad Dhani, Aishwarya Rai dan Katrina Kaif pernah menjadi korban...
Jakarta (ANTARA News) - Pentolan band "Dewa 19" dan "Mahadewa" Ahmad Dhani menjadi korban ulah nakal peretas di Internet dengan memasang laman penipuan (phising) berisi  foto Ahmad Dhani dan Dewi Persik dengan judul Video Mesum Ahmad Dhani yang Terekam Kamera CCTV.

Hal itu dikatakan Internet Safety Advocate & Director, Asia, Consumer Business, Symantec, Effendy Ibrahim, dalam siaran pers yang diterima ANTARA News pada Selasa.

"Bukan hanya Ahmad Dhani, Aishwarya Rai dan Katrina Kaif  pernah menjadi korban," katanya.

Ibrahim mengatakan peretas mengincar selebritis yang memiliki banyak penggemar karena semakin banyak penggemar, maka peluang pengguna yang tertipu akan semakin besar.

Ketika pengguna mengklik link itu, pengguna diminta untuk memasukkan informasi login facebook mereka dan halaman phishing itu akan mengarahkan pengguna ke sebuah laman porno setelah itu peretas mencuri informasi identitas pengguna.

Ada beberapa saran bagi pengguna untuk mengikuti langkah-langkah di bawah ini, yaitu tidak meng-klik   tautan mencurigakan dalam email, hindari memberikan informasi pribadi apapun saat menjawab email, jangan pernah memasukkan informasi pribadi pada halaman atau layar pop-up.

Selain itu, saat memasukkan informasi pribadi atau finansial, pastikan laman terenkripsi dengan sertifikat SSL dengan melihat pada padlock, https atau kolom alamat yang berwarna hijau. Pula, terus memutakhirkan perangkat lunak keamanan Anda, seperti Norton Internet Security 2011. adam

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011