Bandung (ANTARA News) - Sebanyak 40 mahasiswa dari Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung dilarikan ke Rumah Sakit Santo Boromeous karena terkena penyakit Hepatitis A.

Kabar mengenai mewabahnya penyakit Hepatitis A di Unpar Bandung ini berasal dari situs jejaring sosial "twitter".

Selain itu, di Blog Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Katolik Parahyangan Bandung, disebutkan bahwa ada 70 lebih mahasiswa telah terjangkit.

"Awasi dan Antisipasi Gejala Hepatitis! Ini dia penyakit yang sempat menggegerkan di lingkungan sekitar UNPAR. Dikabarkan 70 lebih mahasiswa telah terjangkit" kata admin Blog Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Katolik Parahyangan Bandung.

"Memang betul, ada mahasiswa yang dirawat di rumah sakit dan mereka positif terkena hepatitis A," kata Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Unpar Bandung Rosmaida Christina.

Ia menuturkan, mahasiswa yang terjangkit penyakit tersebut mayoritas laki-laki dan peristiwa tersebut terjadi saat pelaksanaan ujian tengah semester (UTS) yang berlangsung pada 3 Oktober hingga 17 Oktober 2011.

Dikatakannya, dari sekitar 40 mahasiswa yang berasal dari semester tujuh (angkatan 2008) dan semester tiga (angkatan 2010) ini, sebanyak 12 orang mahasiswa masih mendapatkan perawatan intensif di RS Santo Borromeous.

Pihaknya menyatakan bahwa mewabahnya penyakit Hepatitis A di kalangan mahasiswa Unpar merupakan kejadian pertama kalinya. Oleh karena itu, kata Rosmaida, pihak kampus memberikan perhatian khusus untuk menanganinya wabah penyakit Hepatitis A ini agar tidak meluas.

(ANT)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011