Tokyo (ANTARA News) - Saham Jepang naik 2,04 persen pada Kamis setelah zona euro mengesahkan kesepakatan dasar untuk mengatasi krisis utang menyusul pembicaraan maraton di Brussel.

Indeks Nikkei di Bursa Efek Tokyo naik 178,07 poin menjadi ditutup pada 8.926,54. Indeks Topix dari seluruh saham papan utama bertambah 16,31 poin atau 2,18 persen menjadi 762,79.

Pembicaraan menyaksikan bank-bank setuju untuk mengambil kerugian 50 persen pada kepemilikan utang Yunani mereka, menghapus rintangan utama dalam jalur Eropa menuju pemecahan kesulitan fiskal.

Para pejabat mengumumkan kesepakatan itu menyusul pembicaraan di Belgia antara pemimpin perbankan zona euro dan loby perbankan Institute of International Finance (IIF) untuk memaksa sektor swasta berbagi rasa sakit dari beban utang Yunani.

Pemotongan utang (haircuts) ini akan memungkinkan Athena untuk memangkas beban utangnya yang mencapai 350 miliar euro (490 miliar dolar AS) sekitar 100 miliar euro, Presiden Prancis Nicolas Sarkozy mengatakan.

Keyakinan bank-bank untuk menghapus miliaran utang Yunani adalah bagian penting dari kesepakatan para pemimpin besar setelah berjanji untuk menyampaikan pada pertemuan puncak zona euro, bersama dengan

rekapitalisasi bank dan peningkatan dana penyelamatan untuk menenangkan kekhawatiran resesi global yang dipicu oleh memburuknya fiskal kawasan.

Sarkozy mengatakan para pemimpin zona euro telah sepakat untuk meningkatkan daya tembak dari dana bailout mereka menjadi satu triliun euro dari sebelumnya 440 miliar euro.

Dia mengumumkan perjanjian pada akhir 10 jam pertemuan puncak yang bertujuan menyiapkan sebuah paket langkah-langkah untuk mengatasi dua tahun krisis utang Eropa.

Nikkei naik karena pelaku pasar melihat lebih jelas dalam masalah sekarang, kata Kenichi Hirano, operating officer di Tachibana Securities.

"Fakta bahwa mereka setuju pada sesuatu yang positif," kata Hirano kepada Dow Jones Newswires, menambahkan bahwa rencana apapun bisa rentan kecuali ekonomi Yunani pulih.

Saham AS ditutup dengan keuntungan yang mantap pada Rabu setelah sesi berombak terfokus pada pertemuan puncak krisis. Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup naik 1,39 persen.

Euro sempat naik ke tingkat 1,40 dolar pada 05.27 GMT menyusul kesepakatan krisis utang, dibandingkan dengan 1,3908 dolar di New York akhir Rabu.

Yen, sementara itu, menguat setelah bank sentral Jepang mengumumkan pelonggaran moneter lebih lanjut, seperti yang banyak diharapkan.

Dolar berada di 75,97 yen setelah pengumuman tersebut, turun dari 76,21 yen di New York dan mendekati terendah pasca-Perang Dunia II 75,71 yen di New York.

Bank sentral mengatakan akan meningkatkan dan pembelian aset, alat kebijakan penting, dengan 5,0 triliun yen menjadi 55 triliun yen, dengan jumlah tambahan yang akan ditujukan untuk pembelian obligasi pemerintah Jepang.

Produsen mobil menunjukkan penguatan, dengan Toyota meningkat 2,21 persen menjadi 2.584 yen dan Honda naik 2,74 persen pada 2.393 yen.

Olympus meroket 23,29 persen menjadi 1.355 yen karena beli balik (buyback) dari penjual pendek (short-sellers), setelah di bawah tekanan ketua dan presiden Tsuyoshi Kikukawa mengundurkan diri pada Rabu atas biaya pembayaran skandal.

Olympus telah kehilangan lebih dari 50 persen dari nilainya sejak pemecatan kepala eksekutif Inggris yang mengangkat keraguan atas biaya konsultasi pada kesepakatan pembelian (akuisisi) baru-baru ini, demikian AFP.
(A026/B012)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011