Jakarta (ANTARA) - Platform konten audio NOICE dalam waktu dekat akan meluncurkan fitur monetisasi konten agar kreator bisa meraih pendapatan dari karya mereka.

"NOICE berfokus pada bagaimana kreator membangun konten dan audiens," kata CEO NOICE, Rado Ardian, saat jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Fitur monetisasi ini akan dibangun melalui Noice Live, sarana interaksi antara kreator dengan pendengar dan bagian dari alat Noicemaker Studio. Platform menyiapkan dua jenis monetisasi konten melalui NOICE Live.

Pertama, NOICE Live Virtual Gift, pendengar bisa memberikan apresiasi kepada kreator kesukaan mereka. Apresiasi tersebut akan dikonversi menjadi uang sehingga kreator bisa menghasilkan pendapatan dari konten mereka.

Cara kedua bernama NOICE Live VIP, ruang interaksi antara kreator dengan penggemar berat mereka. Kreator bisa mengadakan ruang berbincang, penggemar bisa membeli "tiket masuk" untuk mengikuti acara tersebut.

Kedua fitur monetisasi ini akan hadir dalam tahun ini, NOICE Live Virtual Gift pada kuartal ketiga sementara NOICE Live VIP pada akhir kuartal kedua.

Rado menilai fitur monetisasi ini bisa mempercepat pertumbuhan ekosistem konten audio di Indonesia. Dia belum bisa mengumumkan bagaimana pembagian pendapatan dengan kreator, namun, memastikan kreator mendapatkan porsi lebih banyak.

Konten di platform NOICE untuk saat ini bisa didengar secara gratis.


Baca juga: NOICE sediakan platform untuk kreator audio lokal

Baca juga: Raffi Ahmad yakin kreator konten bisa sukses dengan kearifan lokalnya

Baca juga: Raffi Ahmad investasi di Noice untuk perluas konten audio

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022