Sampai ketemu di San Siro nanti! FORZA MILAN!
Jakarta (ANTARA) - Tim elit sepak bola asal Italia, AC Milan mengapresiasi single lagu berjudul "Milano Siamo Noi" karya Rumah Angklung.

Pendiri Rumah Angklung, Arif Sarifudin melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, mengatakan, pihak AC Milan menyampaikan apresiasi melalui media sosial resminya terhadap karya tersebut.

"Karya ini hadiah spesial untuk AC Milan yang kembali masuk ke kompetisi Liga Champions setelah absen selama tujuh tahun," kata pria pecinta AC Milan itu.

Arif menjelaskan, awalnya Rumah Angklung memberikan dukungan untuk klub sepak bola AC Milan dengan melakukan arransemen lagu anthem AC Milan yang berjudul "Milan Milan (Inno AC Milan)" menggunakan angklung.

Baca juga: Universitas La Sapienza, KBRI Roma undang Tim Rumah Angklung lokakarya

Arif mengajak anggota komunitas Rumah Angklung untuk memainkan lagu tersebut dan mengunduh melalui sosial media.

Karya tersebut juga mendapat respon positif dari pecinta AC Milan di Indonesia atau Milanisti Indonesia.

"Tak disangka ternyata pihak AC Milan juga me-'repost' karya tersebut di akun Instagram resmi AC Milan pada Hari Musik Dunia," tutur Arif.

Atas karya itu, manajemen AC Milan mengundang Rumah Angkung tampil secara langsung di Casa Milan pada April ini.

Arif mengungkapkan, pihak AC Milan Media House mengabadikan penampilan Rumah Angklung untuk disiarkan pada media sosial tim sepak bola papan atas Liga Italia tersebut.

Arif bangga dan senang dengan respon manajemen AC Milan yang mengundang Rumah Angklung untuk tampil secara langsung.

Baca juga: Rayakan Hari Angklung, KBRI ajak guru di Canberra kenali budaya Sunda

Presiden Rumah Angklung Indonesia, Arny Dulishaputri menyatakan, salut dan bangga terhadap AC Milan yang sangat mengapresiasi fans-nya.

"Sebenarnya ini bisa jadi pengingat kita bahwa Indonesia bisa dilihat dan dihargai oleh dunia secara positif dengan menggunakan seni budaya kita sendiri," tutur Arny seraya menambahkan pihaknya akan membuat video klip "Milano Siamo Noi" di Casa Milan.

Dua komika, yakni Marshel Widianto dan Oki Rengga yang tercatat sebagai anggota Milanisti Indonesia turut bangga dengan pencapaian Rumah Angklung.

"Keren banget sih temen-temen dari Rumah Angklung. Mereka tuh konsisten dengan yang mereka kerjakan sampe akhirnya diundang AC Milan. Itu WOW banget!," katanya.

Dia juga berkata "Prestasi kayak gini, keterlaluan sih klo ngga kita dukung. Gw rencananya akan ikut dukung mereka bareng-bareng di Milan.

Baca juga: Ketua DPD sebut rekor dunia angklung penghargaan atas budaya Indonesia

Semua yang dikerjakan dari hati pasti sampai pesannya dan teman-teman Rumah Angklung sudah melakukan itu. "Sampai ketemu di San Siro nanti! FORZA MILAN!," kata Oki Rengga.

Rumah Angklung berdiri sejak 2011, berawal dari komunitas anak muda yang peduli terhadap pelestarian dan pengembangan budaya Indonesia terutama angklung.

Rumah Angklung dibentuk oleh Arif Sarifudin dan Arny Dulishaputri untuk menjadikan alat musik Angklung sebagai kebanggaan rakyat Indonesia.

Berbagai kegiatan dan prestasi telah dicapai Rumah Angklung, antara lain meraih Grandprix pada "Worldcup of Folklore 2019" di Jesolo 
(Italia) serta mengajak 1.500 tenaga kesehatan dan pasien COVID-19 untuk bermain angklung di RSDC Wisma Atlet pada 2021.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022