Jakarta (ANTARA) - Titi DJ & Andra Ramadhan merilis lagu baru dalam bentuk non-fungible token (NFT) di platform Netra, yakni "To Lose" dan "You’re not Alone".

"Dengan merilis lagu “To Lose” sebagai NFT di Netra, lagu yang merupakan tantangan dari netizen ini dapat dimiliki oleh netizen juga. Jadi bisa dibilang ini lagu dari netizen untuk netizen," kata Titi DJ dalam siaran pers, Kamis.

Artinya, jika Anda membeli NFT berjudul "To Lose" yang menampilkan patung marmer bergambar wajah Titi DJ di situs netra.live, maka Anda akan mendapatkan sebagian keuntungan setiap kali lagu "To Lose" diputar di berbagai platform streaming seperti Spotify, Youtube, Apple Music, TikTok, dan sebagainya.

Andra Ramadhan Project juga mengenalkan NFT pertamanya melalui single “You’re not Alone” yang tersedia di seluruh platform streaming musik digital, dan bisa dimiliki netizen melalui NFT.

Baca juga: NFT di Indonesia masih fase "Early Adopter"

Bryan Blanc, COO Netra, kemudian mempresentasikan roadmap beserta fitur-fitur yang akan ada di platform Netra, mulai dari teknologi royalty-sharing yang semakin transparan, 1 of 1 NFT Auction, hingga tiket NFT profit-sharing.

Fitur Netra NFT Auction 1 of 1 akan dicoba pertama kali oleh Indra Lesmana pada akhir bulan ini, dengan album EP yang berjudul “In The Moment”. Album EP itu terdiri dari empat lagu yang direkam langsung pada konser solo piano.

Selain menawarkan 30 persen royalty-sharing, Indra Lesmana juga memberi bonus tiket VIP untuk konsernya yang akan datang kepada pemenang lelang NFT tersebut.

“Dengan positifnya dukungan untuk gerakan decentralized music ini, kami akan terus berjuang dan akan terus berinovasi untuk membantu musisi dan memajukan ekosistem musik tanah air.” Ungkap Setiawan Winarto selaku CEO Netra.

Cara membeli NFT Netra

Netra merupakan platform royalty-sharing NFT musik yang memanfaatkan teknologi blockchain dan prinsip desentralisasi untuk menjamin transparansi serta kredibilitas royalti yang didapatkan dari streaming musik.

Dengan menerapkan prinsip desentralisasi, keuntungan yang diperoleh melalui streaming musik akan langsung ditransfer ke musisi dan penggemar yang memiliki NFT sebagai pemangku kepentingan tanpa intervensi pihak ketiga.

Bagaimana cara membeli NFT Netra? Pertama, install Metamask dan tambahkan network Polygon, kedua transfer Polygon ke alamat wallet metamask dari crypto exchange seperti Tokocrypto.

Ketiga, hubungkan wallet di website https://netra.live, keempat tekan tombol mint di NFT yang ingin dibeli, kelima, setelah berhasil membeli, Anda akan dapat klaim royalti musik setelah 3 bulan.

Baca juga: Coachella & 88rising perkenalkan koleksi NFT Head In The Clouds

Baca juga: Indo NFT Festiverse akan digelar di Yogya besok hingga 17 April

Baca juga: Meta rencanakan rilis uang virtual untuk metaversenya

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022