Makassar (ANTARA News) - Malam Pesta rakyat dan budaya menyambut api SEA Games di anjungan Pantai Losari Makassar, Senin malam.

Penyembutan api SEA Games yang diambil dari api abadi Mrapen Jateng, ditandai penyerahan obor api SEA Games dari atlet karate nasional Arif Tofan pemegang medali emas SEA Games dan perak Asian Games kepada Ketua Kadin Sulsel Zurkarnain Arif, kemudian menyerahkannya kepada Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo disaksikan Ketua DPRD Sulsel M Roem yang juga Ketua Harian KONI Sulsel serta sejumlah pengurus KONI setempat.

Obor api SEA Games XXVI 2011 tiba di Makassar dari Jayapura dan disemayamkan di rumah dinas Gubernur Sulsel satu malam, kemudian menuju Samarinda pada 1 November 2011, selanjutnya menuju Balikpapan sebelum dibawa ke Jakarta dan pada 6 November obor api SEA Games, menuju Palembang tempat upacara pembukaan SEA Games pada 11 November mendatang.

Ribuan masyarakat memadati anjungan Pantai Losari Makassar menyaksikan penyambutan api SEA Games yang menampilkan band Cokelat yang menghibur masyarakat hingga larut malam.

Gubernur Syahrul menyatakan bangga atas terpilihnya Makassar sebagai lokasi pelintasan api SEA Games dari delapan kota besar di Indonesia.

"Kehadiran api SEA Games di Makassar merupakan kebanggaan bagi pemerintah dan masyarakat Sulsel. Masyarakat Sulsel memberi apresiasi besar terhadap penyelenggaraan SEA Games di Indonesia, katanya.

Sulsel pun siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan event olahraga nasional seperti PON maupun SEA Games di masa datang. Karena itu, pemerintah dan masyarakat Sulsel berharap Indonesia kembali tampil sebagai juara umum setelah kembali menjadi tuan rumah SEA Games yang ke empat kali tahun ini, ujar Syahrul.
(T.S016/R010)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011