Jakarta (ANTARA) - Pelatih U-18 Barcelona Iban Cuadrado menegaskan bahwa timnya ingin menjadi juara International Youth Championship (IYC) 2021, tetapi menekankan pula bahwa mempertahankan filosofi klub dalam permainan tetap menjadi hal utama.

"Barcelona adalah tim yang selalu mengincar kemenangan. Namun, bagaimana meraih kemenangan, bagaimana prosesnya , itu penting. Pemain harus bisa bermain dengan semangat Barcelona," ujar Iban dalam konferensi pers di Stadion Internasional Jakarta (JIS), Jakarta, Minggu.

Menurut juru taktik berusia 43 tahun itu, sifat permainan Barcelona adalah kolektivitas dan hal tersebut harus ditunjukkan oleh skuad U-18 mereka dalam setiap kesempatan, termasuk pada final IYC 2021 yang digelar pada Selasa (19/4) malam di JIS.

Iban Cuadrado tidak ingin pemainnya terlalu fokus meraih kemenangan di partai puncak IYC 2021 dan melupakan bagaimana seharusnya bermain.

"Kami harus menerapkan permainan kolektif, mengalirkan bola, mencari ruang dan membuat peluang. Kami selalu mengingatkan itu kepada para pemain," kata dia.

Baca juga: Barcelona ke final IYC 2021 usai kalahkan Bali United 4-0

Skuad U-18 Barcelona melaju ke final IYC 2021 setelah mengumpulkan tujuh poin dari tiga laga yang membuat mereka tidak tergeser dari posisi dua besar klasemen penyisihan.

Pada tiga pertandingan itu, Barcelona seri 0-0 dengan U-20 Indonesia All Star, menundukkan U-18 Atletico Madrid 3-0 dan mengandaskan U-18 Bali United 4-0.

Lawan Barcelona di semifinal adalah U-18 Atletico Madrid atau U-20 Indonesia All Star. Dua kesebelasan itu baru akan berlaga pada malam.

Andai laga itu berakhir seri, Barcelona akan melawan U-20 Indonesia All Star. Namun, jika Atletico Madrid menundukkan lawannya, maka mereka yang akan menghadapi Blaugrana di partai puncak.

Sementara, terkait final IYC 2021, penyerang U-18 Barcelona Jorge Diaz memprediksi laga itu berjalan berat siapa pun lawannya, apakah Atletico Madrid atau Indonesia All Star.

"Kami akan mencoba untuk menampilkan permainan yang baik, tentunya sesuai karakter Barcelona," tutur pesepak bola berumur 17 tahun itu.

Baca juga: Bali United jadikan IYC 2021 bekal tuju musim baru EPA Liga 1

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022