Semarang (ANTARA News) - Tunggal putra Djarum Kudus, Andre Kurniawan Tedjono, melangkah ke babak kedua pada kejuaraan bulu tangkis "Bitburger Open" berhadiah total 120 ribu dolar Amerika Serikat.

Ketua PB Djarum Kudus Yoppy Rosimin ketika dihubungi dari Semarang, Rabu, mengatakan, lawan Andre pada babak pertama memang bukan pemain yang tangguh.

Pada babak pertama Andre Kurniawan yang menempati peringkat 77 dunia tersebut tanpa kesulitan menghentikan tunggal putra Uganda, Edwin Ekiring, dengan dua set langsung 21-9 dan 21-12 dalam waktu 24 menit.

Andre Kurniawan, kata dia, lebih berpengalaman dari lawannya dan dari peringkat dunianya juga masih jauh dari Ekiring.

"Justru lawan berat bagi Andre Kurniawan saat babak perempatfinal," katanya.

Pada babak perempatfinal mendatang, juara Swiss International 2011 tersebut bakal bertemu unggulan kedua dari Jerman, Marc Zwiebler dari Jerman.

Pemain dari Jerman yang menempati peringkat 15 dunia tersebut dua kali menang atas tunggal putra terbaik Indonesia saat ini Taufik Hidayat dalam dua kali pertemuannya, yaitu di kejuaraan bulu tangkis Kanada Open dan US Open.

Tetapi sebelum bertemu Marc Zwiebler, Andre Kurniawan harus menghadapi pemain berasal dari Jepang yang mewakili Swiss, Takahiro Hiramatsu, pada babak kedua setelah pemain itu mengalahkan Michael Spencer Smith (Inggris), 21-11 dan 21-13.

Jika menang atas Hiramatsu, Andre harus menghadapi pemenang antara unggulan ke-13 Kestutis Navicks (Lithuania) melawan Valeriy Atrashchenkov (Ukraina) pada babak ketiga.

Jika menang, baru menantang unggulan kedua dari Jerman, Marc Zwiebler, pada babak perempatfinal.

Tunggal putra Tangkas Alfamart, Pratama Yoga, juga melangkah ke babak kedua setelah menumbangkan Peter Lang dari Jerman dengan dua set langsung 21-11 dan 21-16 dalam waktu 23 menit.

Pada babak kedua, Pratama Yoga akan bertemu tunggal putra Malaysia, Chan Beng Kwong, setelah mengalahkan unggulan ketujuh dari Perancis, Brice Leverdez, dengan angka 19-21,21-10, dan 21-15.

Ia mengatakan, saat ini Andre Kurniawan sedang bermain di liga bulu tangkis di Jerman karena dikontrak oleh salah satu klub di negara tersebut untuk satu musim.

Menurut dia, jeda liga Jerman tersebut dimanfaatkan Andre untuk tampil pada event bulu tangkis internasional di sekitar Jerman.

"Kalau dia (Andre, red.) akan ikut kejuaraan pasti mengontak kita kemudian kita yang mendaftarkan dia tampil pada event internasional seperti di Bulgaria, Swiss, dan Bitburger ini," kata Yoppy.
(T.H015/M029)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011