adanya pelatihan ini akan meningkatkan keterampilan peserta dan bisa menciptakan lapangan kerja baru
Tangerang (ANTARA) - Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, Banten, menggelar pelatihan pembuat konten dan pemasaran digital yang diikuti 60 peserta untuk meningkatkan kesempatan kerja sekaligus menciptakan lapangan kerja dan usaha baru.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kota Tangerang Mualim di Tangerang, Selasa, menjelaskan kegiatan ini merupakan pelatihan berbasis kewirausahaan yang rutin diadakan setiap tahun untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Tangerang.

Pada tahun 2022 ini dilaksanakan 58 pelatihan dengan tujuh jenis pelatihan di antaranya pelatihan pembuat konten, pemasaran digital, sablon, barista, reparasi sepeda, pembuatan makanan dan pelatihan pengemasan.

Baca juga: Bisa untuk "ngabuburit", 10 taman tematik di Kota Tangerang dibuka

"Semoga dengan adanya pelatihan ini akan meningkatkan keterampilan peserta dan bisa menciptakan lapangan kerja baru," ujarnya.

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin menambahkan penanganan persoalan pengangguran memerlukan kerja sama dan kolaborasi semua pihak, termasuk dari Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang juga terlibat dalam pelaksanaan pelatihan hari ini.

"Saya sampaikan apresiasi kepada LPK GeTI yang telah bekerja sama dalam pelatihan hari ini, saya harap LPK-LPK di Kota Tangerang lainnya bisa berkontribusi melahirkan tenaga kerja terampil yang siap kerja dan punya daya saing," katanya.

Baca juga: Syarat mudik, warga Tangerang ikuti vaksinasi booster naik tajam

Pemerintah Kota Tangerang terus berupaya menggali potensi lowongan kerja, salah satunya melalui pelaksanaan pelatihan berbasis kewirausahaan.

Melalui program pelatihan berbasis kewirausahaan, akan ada 1.740 pencari kerja yang akan dilatih oleh para instruktur yang kompeten di bidangnya.

"Diharapkan para peserta tidak hanya mampu memahami dan mempraktikkan materi pelatihan secara teknis, namun memiliki jiwa kewirausahaan yang mandiri dan ulet sehingga bisa menciptakan lapangan kerja sendiri," katanya.

Baca juga: Dishub Kota Tangerang prediksi arus mudik meningkat pada H-10

Baca juga: Wali Kota Arief: Tetap pakai masker meski ada pelonggaran aktifitas

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022