Jakarta (ANTARA News) - Kepolisian Negara RI mengerahkan 11.163 personel pengamanan selama berlangsungnya SEA Games XXVI.

"Polri membentuk tim pengamanan khusus, dimana kita melibatkan pengamanan 11.163 personel dibantu TNI 5.700 personel dan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sebanyak 2.700 personel," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri Irjen Pol Saud Usman Nasution di Jakarta, Jumat.

Pengamanan SEA Games XXVI dasar pelaksanaan sudah jelas yakni Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 3 Tahun 2010, dimana Polri membentuk tim pengamanan khusus, ujarnya.

"Untuk Satuan Tugas (Satgas) kuotanya sebanyak 236 personel dari Mabes Polri, 2.835 personel dari Polda Sumatera Selatan (Sumsel), 6.446 personel dari Polda Metro Jaya dan 1.596 personel dari Polda Jawa Barat (Jabar)," kata Saud.

Jenis kegiatan meliputi kegiatan deteksi dan sterilisasi penjagaan pengamanan patroli penegakan hukum serta jaringan komunikasi, katanya.

"Untuk operasi pengamanan kepalanya Kabaharkam Polri dan wakilnya Kakorlantas Polri. Sedangkan penangung jawab di daerah adalah Kapolda masing-masing yakni Sumsel, Metro Jaya dan Jabar," kata Saud.

Pengamanan SEA Games dinamakan operasi `Aman Among Raga` melibatkan Satuan Tugas (Satgas) pusat sebanyak 225.

Operasi digelar mulai H-7 dan H+7 saat berlangsungnya SEA Games pada 11-22 November 2011 yang berpusat di Jakarta dan Palembang

Tempat pembukaan dan penutupan SEA Games XXVI digunakan stadion Gelora Sriwijaya yang saat ini sedang dipasang panggung untuk acara tersebut.

Pada SEA Games XXVI Kota Palembang dan DKI Jakarta dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara pertandingan cabang olahraga.

Khusus Kota Palembang selain sebagai tempat pertandingan 21 cabang olahraga juga mendapat kehormatan dari Pemerintah Pusat sebagai tuan rumah pembukaan dan penutupan SEA Games XXVI pada 11-22 November mendatang.

(S035/R021)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011