Ambon (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon berupaya membantu warga yang akan mudik Lebaran 2022 dengan menggelar "Serbuan Vaksinasi COVID-19 Maritim" di sejumlah jalur mudik di kota dan Pulau Ambon, Provinsi Maluku.

"'Serbuan Vaksinasi Maritim' digelar di sejumlah pelabuhan kapal penyeberangan maupun pelabuhan laut, untuk mempermudah warga mendapatkan vaksinasi COVID-19 sebelum melaksanakan mudik," kata Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI Said Latuconsina di Ambon, Selasa.

Dia mengatakan juru vaksin Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal IX menggelar vaksinasi COVID-19 di Pelabuhan Ferry Desa Galala, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, bagi bagi calon penumpang, warga sekitar, serta anak buah kapal (ABK) kapal motor penyeberangan (KMP) yang akan berangkat menuju Kota Namlea, Kabupaten Pulau Buru.

Dia menjelaskan vaksinasi selama Ramadhan digelar di berbagai tempat, termasuk vaksinasi pada malam hari di masjid, untuk mempermudah warga yang baru selesai berbuka puasa untuk kemudian mengikuti vaksinasi.

"Juru vaksin siap melayani warga yang ingin divaksin dosis lengkap (dosis pertama dan kedua) maupun vaksin penguat," katanya.

Baca juga: Stok vaksin COVID-19 Babel cukup dukung percepatan vaksinasi Ramadhan

Dia mengimbau warga yang berkeinginan mudik Lebaran bersama keluarga tahun ini, mengikuti anjuran dan keputusan pemerintah untuk divaksin lengkap maupun penguat, sebagai salah satu syarat mereka mudik bersama keluarga.

"Saya mengajak warga yang ingin mudik untuk memanfaatkan program 'Serbuan Vaksinasi Maritim' yang digelar Lantamal IX dengan mendatangi lokasi-lokasi yang ditentukan maupun pada Posko COVID-19 di Rumkital dr F.X. Suhardjo di Desa Halong," katanya.

Ia menyebut kasus COVID-19 di Kota Ambon dan Provinsi Maluku pada umumnya semakin melandai.

Akan tetapi, katanya, para juru vaksinasi juga tetap memberikan imbauan kepada warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat agar terhindar dari kemungkinan tertular virus itu.

Baca juga: Aceh fokus tingkatkan vaksinasi COVID-19 bagi anak selama Ramadhan
Baca juga: Ramadhan dimanfaatkan genjot capaian vaksinasi lansia di Pati-Jateng

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022