Jakarta (ANTARA News) - Setelah keliling ke sejumlah pulau di Indonesia, api Obor SEA Games XXVI tiba di Gedung Balaikota DKI Jakarta, Jumat (4/11) pukul 15.45 WIB.

Setiba di Jakarta, obor yang apinya diambil dari api abadi di Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah itu diarak menuju Kantor Wakil Presiden.

Obor yang dibawa juara dunia bulutangkis tahun 1980-an, Icuk Sugiarto diserahkan kepada Wapres Budiono dan selanjutnya diserahkan ke Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo.

Selanjutnya Fauzi Bowo diiringi sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI berlari membawa obor hingga Halte Buswa Gambir, Jakarta Pusat.

Obor pun diestafetkan kepada atlet bulutangkis Joko Supriyanto menuju Silang Monas Timur Laut. Estafet dilanjutkan kepada atlet atletik La Paene Masara menuju Halte Bus Jalan Merdeka Utara.

Lalu diserahkan kepada atlet atletik Achmad Saleh menuju halte bus Jalan Merdeka Barat depat Istana Presiden, dilanjutkan atlet atletik Nini Patriona menuju Taman IRTI Monas, yang akhirnya diserahkan ke atlet Atletik Ema Tahaphari untuk menuju halamam Balaikota DKI Jakarta.

Setiba di haaman Kantor Balaikota DKI Jakarta, api obor SEA Games XXVI disambut meriah oleh tari-tarian daerah.

Api obor diserahkan Emma Tahapary kepada Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. Api abadi tersebut kemudian diestafetkan kepada Sekretaris Daerah DKI, Ketua DPRD DKI, Wakapolda Metro Jaya, Ketua KONI dan terakhir kepada Ketua Inasoc.

"Dengan mengucap bismillah saya nyalakan api ini, menyukseskan acara Sea Games ke XXVI tahun 2011 semoga Tuhan memberkati memberi berkah kepada kita semua," kata Fauzi Bowo sambil menyulut api obor ke bokor besar di halaman Balaikota DKI Jakarta, Jumat (4/11).

Api dalam bokor yang menyala selama 24 jam dijaga empat personil Satpol PP DKI hingga Sabtu (5/11) mendatang. Rencananya, obor api akan dibawa berkeliling ke lima wilayah DKI Jakarta pada Sabtu (5/11). Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengatakan, api obor Sea Games ini mencerminkan semangat yang membara terhadap kebersamaan antar negara-negara ASEAN. Semangat tersebut harus dijaga terus agar menyala dan tidak boleh padam dalam mewujudkan kerja sama yang baik.

"Terutama bagi para atlet Indonesia yang akan berlaga di Sea Games merupakan kesempatan terbaik sebagai tuan rumah untuk mencapai prestasi setinggi mungkin, sehingga Indonesia mampu menjadi juara umum dalam Sea Games ke-26," harapnya.

Fauzi juga mengimbau seluruh warga Jakarta untuk memberikan dukungan terhadap para atlet Indonesia yang akan berlaga di berbagai venue dengan hadir memberikan semangat di tempat-tempat pertandingan.

"Mudah-mudahan support yang baik dari warga Jakarta, serta seluruh rakyat Indonesia, dapat menambahkan semangat para atlet untuk meraih prestasi yang optimal," tuturnya.

Rencananya, bokor api akan tetap menyala dan obor akan menginap semalam di Balaikota DKI Jakarta. Besok, Sabtu, (5/11) api obor Sea Games akan dinyalakan lagi melalui bokor api dan akan dibawa keliling kota Jakarta mulai dari Balaikota DKI Jakarta sampai ke Kantor Walikota Jakarta Utara.

Rute perjalanan obor Sea Games yaitu, melewati Wilayah Kota Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara dengan lebih dulu singgah di Jalan M.H Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman-Senayan-Gelora Bung Karno-Jalan Gatot Subroto-Jalan M. T Haryono-Jalan Dewi Sartika -Jalan DI Panjaitan-Jalan Ahmad Yani-Walikota Jakarta Utara-Sunter Kelapa Gading.
(ANT-306/R021) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011